Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurullita Akmalia
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai proses pemilihan buku bacaan yang dilakukan oleh anak yang berusia 8 (delapan) – 10 (sepuluh) tahun yang merupakan anggota aktif perpustakaan, dengan frekuensi peminjaman terbanyak dari bulan Januari - April 2014 di Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Fokus pembahasan terdiri dari proses pemilihan buku yang dikaitkan dengan perkembangan anak, faktor-faktor yang mempengaruhi anak dalam memilih buku bacaan, serta hambatan yang dialami oleh anak dalam proses pemilihan buku bacaan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada proses pemilihan buku bacaan oleh anak, ketiga informan memilih buku bacaan berdasarkan apa yang mereka sukai dan mereka butuhkan. Selain itu, anak cenderung memilih buku berdasarkan judul dan gambar yang terdapat pada cover buku. Hanya satu informan yang mengalami hambatan dalam proses pemilihan buku bacaan yang disebabkan oleh ketidaktepatan dalam penataan dan penempatan koleksi (shelving) di layanan anak Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta yang dapat menyulitkan anak dalam menemukan buku bacaan yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa dalam proses pemilihan buku bacaan terlihat adanya kesesuaian antara perilaku informan dengan tahap perkembangan anak diusianya yang dapat dilihat dari perkembangan kognitif, bahasa, sosial, dan emosi.
ABSTRACT
This research discusses the book selection process carried out by children as young as 8 (eight) - 10 (ten) years an active member of the library, with the frequency of borrowing most of the month from January to April 2014 in Public Library Of DKI Jakarta Province. This study used a qualitative approach to the case study method. In this study discusses the selection process associated with the development of children's books, the factors that affect children in selecting books, as well as discuss the barriers experienced by children in the book selection process. The results of this study are in the book selection process conducted by third informant reading a book of their choosing based on what they like and they need. In addition, the findings in this study children tend to choose books based on titles and images contained on the cover of the book. Only one informant who experience barriers to reading the book selection process caused by inaccuracies in the structuring and placement of collection (shelving) in Public Library Of DKI Jakarta Province children's services in who find reading difficult for children in need. The results of this study also showed that in the book selection process looks a match between the behavior of the informant with the development stage of children at the age of which can be seen from the development of cognitive, language, social, and emotional.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S56156
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library