Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Normawati
Papua: Balai Bahasa Papua, 2018
374.0124 NOR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Normawati
Abstrak :
ABSTRAK
Nyanyian rakyat Papua merupakan salah satu sastra lisan yang mengandung banyak nilai-nilai luhur di dalamnya. Oleh sebab itu, perlu upaya pelestarian terhadap nyanyian rakyat Papua antara lain dengan melakukan kajian terhadap fungsi bahasa. Tujuannya ialah untuk mengetahui berbagai fungsi yang ada di dalam lirik nyanyian rakyat Papua sebagai salah satu bentuk berkomunikasi dalam berbagai bahasa di Papua. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan sosiolinguistik yang memperhatikan bagaimana pemakaian bahasa sehingga menjalankan fungsinya secara maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa dalam lirik nyanyian rakyat Papua memiliki beberapa fungsi, antara lain fungsi regulatoris, fungsi interaksi, fungsi personal, fungsi informatif, dan fungsi puitik.
Jayapura: Kibas Cenderawasih, 2018
400 JIKK 15:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Maridha Normawati
Abstrak :
Student engagement pada mahasiswa selama kuliah daring mengalami penurunan ketika pandemi COVID-19. Salah satu mata kuliah yang sulit dipelajari selama pembelajaran daring yaitu Statistika. Statistika dianggap sulit dipelajari oleh mahasiswa Psikologi karena banyak menggunakan perhitungan padahal penguasaan Statistika dibutuhkan untuk menganalisis hasil penelitian. Faktor-faktor seperti perilaku mengajar dosen dan strategi mahasiswa dalam meregulasi dirinya dapat memengaruhi student engagement selama kuliah Statistika. Penelitian bertujuan untuk menguji peran self-regulated learning sebagai mediator dalam hubungan antara persepsi terhadap creativity fostering teacher behavior dan student engagement. Responden yang terlibat dalam penelitian sebanyak 460 mahasiswa S1 Psikologi dari berbagai universitas di Indonesia. Uji mediasi dilakukan menggunakan software RStudio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat mediasi parsial melalui self-regulated learning pada hubungan antara persepsi terhadap creativity fostering teacher behavior dan student engagement. Hasil uji mediasi juga menunjukkan bahwa efek langsung (0,254) lebih kecil dibandingkan efek tidak langsung (0,349). Hasil uji mediasi tersebut menjelaskan bahwa peran self-regulated learning sebagai mediator lebih memberikan dampak kepada student engagement dibandingkan tanpa melalui mediator. Oleh karena itu, penelitian ini menemukan bahwa peran dari berbagai pihak seperti perilaku dosen dalam mendorong kreativitas dibutuhkan untuk meningkatkan self-regulated learning pada mahasiswa agar student engagement dapat berjalan optimal. ...... Student engagement during online learning has decreased during the COVID-19 pandemic. One of the subjects that is difficult to learn during online learning is Statistics. Statistics is considered difficult for Psychology students because it uses many calculations, even though mastery of statistics is needed to analyze research. Factors such as the lecturer's teaching behavior and students' Self-Regulation strategies can influence student engagement during a Statistics course. The research examines the role of self-regulated learning as a mediator in the relationship between perceptions of creativity fostering teacher behavior and student engagement. Respondents involved in the study were 460 undergraduate Psychology students from various universities in Indonesia. The mediation test was carried out using the RStudio software. The results showed partial mediation through self-regulated learning on the relationship between perceptions of creativity fostering teacher behavior and student engagement. The results of the mediation test also show that the direct effect (0,254) is smaller than the indirect effect (0,349). The mediation test explains that the role of self-regulated learning as a mediator will have more impact on student engagement than without a mediator. Therefore, this study discovered that the role of various actors, such as lecturer behavior to foster creativity is needed to improve student self-regulated learning so that student engagement can run optimally.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maridha Normawati
Abstrak :
Studi keragaman genetik dilakukan untuk mengetahui hubungan kekerabatan bakteri asam laktat indigenos Indonesia yang memiliki kemampuan resistansi terhadap chloramphenicol dan erythromycin. Hasil uji resistansi menunjukkan bahwa isolat DH1, DH7, dan S34 resistan terhadap chloramphenicol (5 μg/ml), sedangkan isolat T8 resistan terhadap erythromycin (15 μg/ml). Isolat D2, S23, dan T8 diketahui resistan terhadap kombinasi chloramphenicol dan erythromycin (1 μg/ml). Analisis BLAST menunjukkan bahwa isolat bakteri asam laktat terdiri atas Lactobacillus plantarum, L. fermentum, Pediococcus acidilactici, dan P. pentosaceus. Analisis pohon filogenetik diketahui bahwa isolat D2, S12, S34, T3, dan T8 memiliki kekerabatan yang dekat dengan L. plantarum. Isolat R31 dan DH1 memiliki kekerabatan yang dekat dengan L. fermentum. Isolat LK14, S23, R24, DH7,DS13, GR3, HB3 memiliki kekerabatan yang dekat dengan genus Pediococcus.
Study on genetic diversity was useful to determine the kinship of Indigenous Indonesia lactic acid bacteria which have the capability of resistance to chloramphenicol and erythromycin. The resistance test showed isolates DH1, DH7, and S34 that were resistant to chloramphenicol (5 μg/ml), whereas T8 was resistant to erythromycin (15 μg/ml). Isolates D2, S23, and T8 were remain resistant to the combination of chloramphenicol and erythromycin (1 μg/ml). The results of BLAST analysis showed that there were four different species of lactic acid bacteria, such as Lactobacillus plantarum, L. fermentum, Pediococcus acidilactici, and P. pentosaceus. The results of phylogenetic trees analysis showed that isolates D2, S12, S34, T3, and T8 have a close kinship with L. plantarum, whereas isolates R31 and DH1 have a close kinship with L. fermentum. Moreover, isolates LK14, S23, R24, DH7, DS13, GR3, HB3 have a close kinship to the genus Pediococcus.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2012
S1314
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library