Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Nimas Warda Nafisya
"Isu ketidakadilan sosial masih sering terjadi di Indonesia. Mahasiswa, sebagai kelompok intelektual, diharapkan dapat bersikap kritis terhadap ketidakadilan. HAM merupakan bagian penting dari keadilan sosial. Mahasiswa saintek memiliki keterbatasan paparan terhadap materi isu sosial dalam kurikulum mereka, sehingga pemahaman terhadap isu ketidakadilan mungkin dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran fondasi moral terhadap sikap keadilan sosial pada mahasiswa rumpun saintek Generasi-Z di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik analisis statistik melalui regresi berganda. Alat ukur yang digunakan adalah Moral Foundations Questionnaire 2 (MFQ-2) dan Attitudes towards Social Justice Scale (ATSJS). Partisipan penelitian berjumlah 140 mahasiswa saintek Generasi-Z (Perempuan = 70,7% , mean usia = 20,56). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fondasi moral memiliki peran positif yang signifikan dan dapat menjelaskan 42,1% variabilitas dalam sikap keadilan sosial (F(6,133) = 16.1, p < .001, R² = 0.421). Fondasi yang berperan adalah Care dan Proportionality, yang keduanya memiliki pengaruh positif. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menekankan pentingnya fondasi moral dalam membentuk sikap keadilan sosial di kalangan mahasiswa saintek Generasi-Z.
The issue of social injustice remains prevalent in Indonesia. College students, as intellectuals, are expected to critically address such injustice. Human rights are a key component of social justice. STEM students have limited exposure to social issues in their curriculum, so understanding of social injustice issues may be influenced by factors outside of formal education. This study aims to examine the role of moral foundations in shaping social justice attitudes among Generation-Z STEM students in Indonesia. This research adopts a quantitative approach and applies statistical techniques, specifically multiple regression analysis. The measuring instruments used were the Moral Foundations Questionnaire 2 (MFQ-2) and the Attitudes towards Social Justice Scale (ATSJS). The study participants consisted of 140 Generation-Z STEM students (Female = 70.7%, mean age = 20.56). The results revealed that moral foundations had a significant positive impact and could explain 42.1% of the variability in social justice attitudes (F(6,133) = 16.1, p < .001, R² = 0.421), with Care and Proportionality are the only foundations with a significant positive influence. Overall, the findings underscore the importance of moral foundations in shaping social justice attitudes among Generation-Z STEM students."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library