Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ni Made Candra Citra Sari
"Penderita DM (diabetesi) tidak hanya kalangan lansia tetapi juga sudah banyak diderita oleh kalangan pada usia produktif. Permasalahan terkait dengan perawatan diri sering ditemukan pada diabetesi yang baru saja didiagnosa atau sudah lama didiagnosa DM. Beberapa hambatan yang terjadi pada diabetesi dalam melaksanakan perilaku peraatan diri yaitu keterbatasan dalam pengetahuan dan keterampilan dalam penyusunan menu, kekurangan informasi kurangnya aktivitas fisik, kepatuhan terhadap pengobatan yang rendan dan juga dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar yang minim.Pengendalian DM pada diabetesi sangata diperlukan untuk mengurangi komplikasi DM. Berdasarkan kondisi tersebut dikembangkan program GEPARI. Tujuan dari program ini adalah meningkatkan perilaku perawatan diri para diabetesi. Metode yang digunakan yaitu studi kasus keluarga dan aggregate dewasa DM menggunakan pendekatan proses keluarga dan komunitas yang melibatkan 10 keluarga dan 34 diabetesi dewasa. Program ini didasarkan pada lima pilar pengendalian DM yaitu edukasi, manajemen nutrisi, aktivitas fisik, pengobatan dan juga pemeriksaan gula darah yang dilaksanakan selama 12 sesi. Evaluasi terhadap pengetahuan, sikap dan keterampilan dan tingkat kemandirian keluarga menggunakan kuesioner sedangkan gula darah sewaktu diukur menggunakan glucometer yang dilaksanakan sebelum dan sesudah pelaksanaan program GEPARI. Hasil implementasi didapatkan hasil bahwa terjadi peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan (p>0,05), penurunan glukosa darah sewaktu dan peningkatan kemandirian keluarga. Program GEPARI disarankan dapat dilaksanakan dalam pelayanan kesehatan komunitas. 

People with DM (diabetes) are not only among the elderly but also have suffered by many people of productive age. Problems related to self-care are often found in people with diabetes who have just been diagnosed or have been diagnosed with diabetes for a long time. Some of the obstacles that occur in diabetes in carrying out self-care behavior are limitations in knowledge and skills in preparing menus, lack of information, lack of physical activity, low adherence to medication and also minimal support from family and the surrounding environment. reduce DM complications. Based on these conditions, the GEPARI program was developed. The aim of this program is to improve self-care behavior of diabetics. The method used is a family case study and aggregated adult DM using a family and community process approach involving 10 families and 34 adult diabetes. This program is based on the five pillars of DM control, namely education, nutrition management, physical activity, medication and also blood sugar checks which were carried out for 12 sessions. Evaluation of knowledge, attitudes and skills and level of family independence using a questionnaire, while blood sugar is measured using a glucometer which is carried out before and after the implementation of the GEPARI program. The results of the implementation showed that there was an increase in knowledge, attitudes and skills (p>0.05), a decrease in blood glucose and an increase in family independence. The GEPARI program is recommended to be implemented in community health services."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Made Candra Citra Sari
"Peningkatan angka kejadian komplikasi di Bali mengindikasikan bahwa perawatan diri diabetesi belum optimal. Diabetes melitus disingkat juga dengan DM merupakan salah satu penyakit tidak menular yang jumlah penderitanya semakin meningkat. DSME berbasis audiovisual berpengaruh terhadap perilaku perawatan diri diabetesi tipe 2.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh DSME berbasis audiovisual terhadap perilaku perawatan diri diabetesi tipe 2. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen with control group pada 76 responden yang dipilih melalui tehnik purposive sampling yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol 38 responden dan kelompok intervensi 38 responden. DSME berbasis audiovisual diberikan selama 5 sesi selama 1 minggu tiap 1 sesinya. Hasil statistic menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan DSME berbasis audiovisual dengan perilaku(pengetahuan,sikap dan keterampilan) perawatan diri diabetesi tipe 2 dimana pengetahuan (p value < 0,05), sikap (p value < 0,05) dan keterampilan (p value < 0,05) pada diabetesi tipe 2 di Kabupaten Tabanan Bali. Intervensi ini dapat dijadikan inovasi dalam memberikan edukasi untuk diabetesi dalam meningkatkan perilaku perawatan diri dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi ditengah masa pandemic covid-19.

The increasing complications in Bali indicates that diabetes self-care is not optimal. Diabetes mellitus, also abbreviated as DM, is a non-communicable disease with an increasing number of sufferers. Audiovisual-based DSME affects self-care behavior in type 2 diabetes. This study was aimed at examining the effect of audiovisual-based DSME on self-care behavior in type 2 diabetes. This research utilized quasi-experimental with control group design on 76 respondents who were selected through purposive sampling technique which was divided into two groups, namely the control group of 38 respondents and the intervention group of 38 respondents. Audiovisual-based DSME was administered for 5 sessions with 1 session/week. Statistical results show that there was a significant effect of audiovisual-based DSME on self-care behavior (knowledge, attitude, and skills) of people with type 2 diabetes, where p value of knowledge < 0.05, p value of attitude < 0.05 and p value of skills <0.05 in people with type 2 diabetes in Tabanan Regency, Bali. This intervention may be used as an innovation in providing education for people with diabetes in improving self-care behavior and reducing the risk of complications in the midst of COVID-19 pandemic."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library