Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Naufan Raharya
"WAIC adalah sistem komunikasi nirkabel antar perangkat elektronika dalam pesawat. Sistem ini tengah dikaji oleh AVSI, ICAO, dan ITU untuk diaplikasikan dalam penggantian sistem kabel yang redundan. Tahap terakhir yang dikerjakan organisasi terkait dalam pengkajian sistem WAIC ini adalah penentuan frekuensi kerja. Frekuensi 4200- 4400 MHz adalah kandidat terkuat spektrum frekuensi dari sistem WAIC. Frekuensi tersebut digunakan oleh radio altimeter yang fungsinya mendeteksi ketinggian. Skripsi ini menganalisis kompatibilitas sistem WAIC terhadap radio altimeter di frekuensi 4200- 4400 MHz yang dimodelkan dalam interferensi di radio penerima. Empat parameter radio penerima yang dibuat pengujian dalam simulasi adalah frontend overload, receiver desensitization, false altitude report, dan power spectral density. Empat parameter tersebut dimodelkan dalam empat modulasi (QPSK, 16- PSK, GMSK, dan 8- FSK). Pemodelan simulasi ini dibagi menjadi sistem LI (Low Inside) menuju pendaratan dan saat telah mendarat dan sistem HI (High Inside) menuju pendaratan dan saat telah mendarat. Hasil dari simulasi ini menyimpulkan bahwa sistem modulasi QPSK adalah sistem modulasi paling optimal. Hasil simulasi juga menunjukkan interferensi sistem WAIC terhadap sistem radio altimeter di frekuensi 4200- 4400 MHz tidak menimbulkan masalah. Sehingga, frekuensi 4200- 4400 MHz dapat digunakan sebagai spektrum sistem WAIC di masa depan.
WAIC is wireless communication system connecting avionics at the airplane. This system is currently assessed by AVSI (Aerospace Vehicle Systems Institute), ICAO (International Civil Aviation Organization), and ITU (International Telecommunication Union) to subsitute cable redundancy in the avionics system. Current stage of the technological development is to determine the bandwidth for WAIC. Frequency 4200- 4400 MHz is mostly recommended for the system. This thesis analyzes the compatiblity of WAIC system to radio altimeter at 4200- 4400 MHz. The compatibility is modelled by the interference of WAIC to radio altimeter receiver. The four parameters of radio receiver are used in the simulation i.e. frontend overload, receiver desensitization, false altitude report, and power spectral density. The four parameters are modelled into four modulations which are QPSK, 16- PSK, GMSK, and 8- FSK. The simulation consists of two conditions which are LI (Low Inside) and HI (High Inside) while each of these condition is also divided into two conditions which are going into landing and after landing. It is found that QPSK is the most optimum modulation system. The results of this simulation show that the interference of WAIC system is not harmful to the radio altimeter. Hence, the frequency 4200- 4400 MHz is suitable for WAIC."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S53952
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Naufan Raharya
"Tesis ini membuat model kompatibilitas atau frequency sharing antara Unmanned Aircraft System (UAS) dan Fixed Service (FS). UAS adalah sistem pesawat tanpa awak yang terdiri dari pengendali dan wahana udara yang dikendalikan. UAS memiliki kondisi BLOS dan LOS. FS adalah sistem komunikasi terrestrial antar dua titik di permukaan Bumi. Kompatibilitas antara FS dan UAS dimodelkan dengan interferensi antara dua sistem tersebut. Skenario interferensi tersebut diamati ketika UAV (Unmanned Aerial Vehicle) atau UA (Unmanned Aircraft), wahana udara yang dikendalikan, berada dalam kondisi BLOS dan terbang diantara sistem FS. Skenario interferensi ini terdapat dua macam, yaitu interferensi dari UAV ke FS dan interferensi dari FS ke UAV. Kompatibilitas antara FS dan UAS yang direpresentasikan oleh UAV dibutuhkan untuk mendukung operasi BLOS. BLOS (Beyond Line of Sight) diperlukan karena sinyal dari UACS (Stasiun Pengendali Pesawat tanpa Awak) memiliki keterbatasan dalam kondisi LOS (Line of Sight).
Keputusan akhir dalam penetapan pita frekuensi untuk UAS ditentukan pada WRC-15 di tahun 2015. Spektrum BLOS direncanakan dengan memanfaatkan pita frekuensi dari FSS (Fixed Satellite Service). Hal ini berarti bahwa UAS akan menggunakan satelit sebagai sarana sistem kendali dalam kondisi BLOS. Masalah utama dari penyebaran UA (Unmanned Aircraft) atau UAV (Unmanned Aerial Vehicle) adalah kompatibilitas dengan sistem yang incumbent. Alokasi spektrum FSS di region 3 ITU (Asia dan Oceania) berada di pita frekuensi 12,2- 12,5 GHz. Frekuensi ini terbagi dengan sistem FS (Fixed Service). Simulasi dilakukan untuk menyelidiki interferensi dari emisi pengirim FS ke penerima UAV. Hasil simulasi menunjukkan bahwa interferensi dari FS ke UAV dan sebaliknya (vice versa) tidak melewati batas (threshold). Implikasinya frekuensi 12,2-12,5 GHz aman digunakan untuk UAV.
This thesis creates the compatibility model or frequency sharing between Unmanned Aircraft System (UAS) and Fixed Service (FS). UAS is a unmanned aerial vehicle system that consists of the control station and the controlled vehicle (UAV or UA). UAS has BLOS and LOS condition. FS is the terrestrial communication system between two points or more on the earth surface. The compatibility between FS and UAS is modeled by the interference between those two systems. The interference path is observed when the UAV (Unmanned Aircraft Vehicle), the controlled vehicle, has been in BLOS condition and flies above the FS tower. The interference scenario in this thesis has two conditions, the interference from UAV to FS and the interference from FS to UAV. The Compatibility of FS and UAS (represented by UAV) is required to support BLOS (Beyond Line of Sight). The BLOS condition is required since the signal is often bounded in LOS condition. The final decision in the establishment of UAS frequency band is determined in WRC (World Radiocommunication Conferece)-15 in 2015. The BLOS spectrum is planned to use FSS (Fixed Satellite Service) frequency band. The main problem of the unmanned aircraft (UA) or unmanned aerial vehicle (UAV) deployment is the compatibility with the incumbent system. The allocation of FSS spectrum in the region 3 (Asia and Oceania Region) is in the band 12.2- 12.5 GHz. This frequency band is shared with the frequency of FS (Fixed Service). The simulation is conducted to investigate the interference from the FS emission into the UAV receiver. The results of simulation present that the interference from the FS to UAV and vice versa will be harmless as it does not exceed specific threshold. This suggests that the 12,2-12,5 GHz frequency band is safe for UAS Application/"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44386
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library