Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muthiah Ishmah Fauziyah
Abstrak :
Kondisi pandemi COVID-19 membuat para siswa memiliki potensi academic burnout yang tinggi. Terlebih lagi dengan adanya kebijakan PJJ yang mengharuskan setiap siswa atau mahasiswa harus dapat meregulasi dirinya dengan baik secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara regulasi diri dan academic burnout pada mahasiswa Fakultas Kedokteran tahun pertama dalam masa pandemi. Regulasi diri diukur menggunakan Short Self-Regulation Questionnaire (SSRQ) yang berjumlah 31 item, sedangkan academic burnout diukur menggunakan Maslach Burnout Inventory - Student Survey (MBI-SS) yang berjumlah 15 item. Partisipan penelitian ini adalah 211 mahasiswa Fakultas Kedokteran tahun pertama dengan rentang usia 16-21 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa regulasi diri berperan sebagai prediktor yang signifikan (r(209) = -0.55, p < 0.001) dan berkontribusi sebesar 30.25 % terhadap academic burnout mahasiswa Fakultas Kedokteran tahun pertama dalam masa pandemi. Ketika individu dapat meregulasi dirinya dengan baik, maka individu cenderung dapat mengatasi academic burnout yang dirasakannya. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa kemampuan regulasi diri mahasiswa perlu mendapat perhatian agar mahasiswa dapat mengatasi academic burnout yang dihadapinya sehari-hari. ......The conditions of the COVID-19 pandemic make students have high potential for academic burnout. Moreover, with the PJJ policy that requires every student or college student to be able to regulate themselves well independently. This study aims to examine the relationship between self-regulation and academic burnout among first-year medical students in the pandemic period. Self-regulation is measured using the Short Self- Regulation Questionnaire (SSRQ) which uses 31 items, while academic burnout is measured using the Maslach Burnout Inventory - Student Survey (MBI-SS) which is determined by 15 items. Participants in this study were 211 first-year medical students ranging in age from 16-21 years. The results of this study indicated that self-regulation was a significant predictor (r(209) = -0.55, p < 0.001) and contributed 30.25% to the academic burnout of first-year medical students in the pandemic period. When individuals can regulate themselves well, they tend to be able to overcome the academic burnout. This research implies that students' self-regulation abilities should be improved so that students can overcome the academic burnout they face on a daily basis.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library