Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Muchamad Fajar Firdausi
Abstrak :
Perusahaan Jasa Kiriman Ekspress pada dasarnya diadakan untuk menghasilkan laba bagi pemilik perusahaan. Dalam rangka meraih laba tersebut, perusahaan akan membuat sistem untuk melayani pelanggan. Pembuatan sistem tersebut, dilakukan melalui serangkaian keputusan-keputusan manajerial perusahaan yang diambil terlebih dahulu, kemudian dilaksanakan dan hasilnya diterima di kemudian hari. Keputusan tersebut dapat menjadi tidak tepat dan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.
Keputusan mengenai target permintaan ritel dan korporat merupakan beberapa keputusan yang dilematis karena penentuan target permintaan ritel dan korporat menentukan fasilitas pelayanan yang akan dipersiapkan oleh perusahaan. Pengambilan keputusan mengenai target permintaan ritel dan korporat yang akan diambil oleh perusahaan untuk mengoptimalkan laba seharusnya dapal didukung oleh model yang mcnunjukkan akibat dari pengambilan keputusan tersebut. Sehingga dengan adanya model tersebut maka perusahaan akan dapat mengambil keputusan yang lebih baik, berdasarkan kondisi-kondisi yang dihadapi oleh perusahaan.
Penulisan karya akhir ini berusaha untuk mcmperlihatkan bagaimana suatu model komputer berbasis Microsoft Excel dapat dipakai untuk memperlihatkan konsekuensi dari keputusan penentuan pemilihan target permintaan ritel dan korporat pada perubahan akumulasi laba perusahaan berdasarkan permintaan retail dan korporat yang dihadapi oleh perusahaan, serta modal yang dimiliki oleh perusahaan.
Pembuatan Model dibagi dalam dua tahap, yaitu : pembuatan model konseptual dan pembuatan model dan pembuatan model optimasi laba perusahaan jasa kiriman ekspress yang berbasis Microsoft Excel. Pembuatan model konseptual dilakukan berdasarkan informasi yang diperoleh dari pelaku usaha jasa kiriman ekspress dan bertujuan agar seluruh komponen model terdaftar dengen jelas dan hubungan-hubungan antar variabel dalam model juga terlihat dengan jelas melalui suatu diagram pengaruh. Adanya diagram pengaruh tersebut mempermudah penjelasan hubungan matematis dari variabel-variabel dalam model sehingga pengembangan model pada Microsoft Excel menjadi mudah. Contoh eksekusi model juga ditampilkan dalam karya akhir untuk menggambarkan penggunaan model pada perusahaan jasa kiriman ekspress.
Model yang dihasilkan telah dapat memperlihatkan pergerakan Laba/Rugi, Posisi Modal dan Akumulasi Laba/Rugi dari perusahaan jasa kiriman ekspress. Model juga dapat dipakai untuk menemukan Target Pemintaan Ritel & Korporat yang menghasilkan Akumulasi Laba/Rugi dengan tidak melanggar kendala-kendala model. Model memang belum dapat digunakan untuk menghasilkan laba optimal, tetapi model tetap dapat memberikan banyak informasi yang menunjang pengambilan keputusan dalam perusahaan jasa kiriman ekspress.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T17352
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Muchamad Fajar Firdausi
Abstrak :
Tujuan penelitian adalah menggunakan peta proses untuk memperlihatkan tingkat pemenuhan standar ISO 9001:2000 pada Divisi Aviation Safety dan membantu transisi Divisi tersebut ke standar. Ini penting untuk diketahui karena penggunaan peta proses untuk tujuan diatas belum banyak dibahas. Padahal peta proses dapat memperlihaikan hubungan antar prosedur mutu dalam mencapai kepuasan pelanggan dan itu harus ada daiam pemenuhan standar ISO 9001-2000. Langkah-langkah pencapaian tujuan penelitian, adalah:
1. Mengidentitikasi tingkat pemenuhan persyaratan standar ISO 9001:2000 pada Divisi Aviation Safety
2. Memilih alternatif peta proses untuk menggambarkan tingkat pemenuhan persyaratan standar ISO 9001:2000 pada Divisi Aviation Safety
3. Memperlihatkan bagaimana peta proses membantu pemenuhan persyaratan standar ISO 9001 :2000 pada Divisi Aviation Safety.
Untuk melaksanakan Iangkah-Iangkah diatas diperlukan data-data berikut:
1. Data prosedur mutu pada Divisi Aviation Safety
2. Data pemenuhan persyaratan standar ISO 90021994 oleh Divisi Aviation Safety
3. Peta proses dalam Divisi Aviation Safety.
Penelitian menunjukkan, alternatif peta proses yang paling tepat untuk memperlihatkan tingkat pemenuhan standar ISO 9001:2000 dari Divisi Aviation Safety adalah alternatif peta proses yang mengacu pada model sistem manajemen mutu berdasarkan proses.
Peta proses juga dapat memperlihatkan hubungan antar prosedur mutu yang perlu diatur agar divisi ini dapat memenuhi persyaratan standar, menentukan prioritas perubahan prosedur dan menentukan sub-subprosedur baru daiam peru bahan prosedur mutu.
Peta proses terbukti memperlihatkan tingkat pemenuhan standar ISO 9001:2000 pada Divisi Aviation Safety dan membantu transisi sistem manajemen mutu ke standar ISO 9001:2000.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S50025
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library