Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohammad Irvan Olii
"Prostitusi sebagai sebuah permasalahan sosial juga merupakan suatu permasalahan keruangan. Penggunaan ruang publik dalam bentuk penggunaan badan jalan untuk tujuan menawarkan diri (soliciting) dan kemudian menimbulkan kerb-crawling merupakan kriteria utama yang diamati dan dikaji berkaitan dengan fenomena prostitusi jalanan.
Terdapat beberapa lokasi di kawasan DKI Jakarta yang diamati, namun hanya dua lokasi yang memenuhi kriteria yang ditentukan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta metode analisa kualitatif diperoleh peng-arti-an dan pemahaman akan ruang dari individu Pekerja Seks Jalanan pada dua lokasi tersebut.
Peng-arti-an dari ruang sosial seorang Pekerja Seks Jalanan berkaitan dengan hubungan individu Pekerja Seks dengan beberapa pihak lain pada lokasi dimana ia melakukan aktifitasnya. Sementara pemahaman ruang bertindak dari individu Pekerja Seks Jalanan berkaitan dengan batasanbatasan tertentu.

Prostitution as a social problem has also been a spatial problem. The used of public space, such as the body of the street, for purposed of soliciting and then consequently creating kerb-crawling, are the main criteria to observed & studied the street prostitution phenomenon.
There are several locations to observed at OKI Jakarta area, only two of the known area which contain and consist prostitution activity that fulfilled the set criterion. Using qualitative approached and qualitative analyzing method, the researched found that there are meanings and construction about space by individual sex-worker at the two locations.
Meanings of individual sex-worker social space connected with the relations that the individual has between several others at the activity location. The construction of action space were about the relations of several limitation that the individual sex-worker had.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2006
T39437
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Irvan Olii
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1998
S6274
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Irvan Olii
"Disertasi ini mengangkat isu penggunaan sepeda motor di jalan raya perkotaan sebagai pergulatan (kompetisi dan konflik penggunaan) ruang. Tujuan disertasi memberikan perspektif alternatif mencermati masalah lalu lintas. Kajian menggunakan metode campuran yang bertumpu pada pendekatan kualitatif, berupa metode visual yang disokong metode kuesioner. Metode visual diterapkan dalam tiga tahap. Tahap pertama pengumpulan data sekunder visualisasi daring situasi lalu lintas. Tahap kedua merekam situasi dan kondisi lalu lintas menggunakan kamera video. Hasil rekaman video diolah dengan memberikan kode secara tematik menggunakan perangkat lunak Maxqda 2020. Tahap ketiga merekam menggunakan kamera drone dan hasilnya diolah secara manual. Metode kuesioner digunakan untuk mendapatkan tanggapan dari pengguna sepeda motor, terutama beberapa tangkapan gambar dari tahap. Kuesioner disebarkan secara daring. Hasil analisis menunjukkan pergulatan terjadi dalam berbagai bentuk ruang jalan karena dominasi penggunaan sepeda motor. Pergulatan diperlihatkan melalui perilaku-perilaku yang mengentaskan kompetisi dan dapat menimbulkan konflik. Terdapat pula pengabaian dan ketidakpedulian baik antar sesama pengendara sepeda motor, pengguna jalan hingga para pengatur lalu lintas. Kesemua hal itu selain menimbulkan perlukaan dan kerugian sosial juga menunjukkan adanya keruntuhan sosial dan keruntuhan budaya. Pengabaian dan ketidak pedulian dari pihak yang memiliki kewenangan justru mengentaskan viktimisasi struktural.

This dissertation raises the issue of motorcycle use on urban highways as a struggle (competition and conflict over use) of space. It aims to provide an alternative perspective at traffic problems. The study uses a mixed method that relies on a qualitative approach, in the form of a visual method supported by a questionnaire method. The visual method was applied in three stages. The first stage collected secondary data of online visualization of the traffic situation. The second stage recorded the traffic using a video camera then were processed by thematically coding them using Maxqda 2020 software. The third stage recorded using a drone camera and the results were processed manually. The questionnaire, which distributed online, method was used to obtain responses from motorcycle users, especially some image captures from the second stage. The results show that struggles occur in various forms of road due to the dominance of motorcycle use. It is shown through behaviors that alleviate competition and can lead to conflict. There is also neglect and indifference among road users and traffic controllers, which in addition to shows social harm are also shows social and cultural entropy. Neglect and indifference from the authority actually alleviate structural victimization."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library