Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohamad Rig Patra Putra
Abstrak :
Kebutuhan energi nasional meningkat seiring dengan laju ekonomi, saat ini energi yang paling banyak digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari hari adalah gas dalam bentuk LPG, batubara memiliki potensi untuk menjadi energi pengganti LPG. Indonesia merupakan negara yang memproduksi batubara terbesar ke-3 di dunia nantinya batubara diolah menjadi methanol dan Dimethyl Eter (DME) yang dapat digunakan sebagai pengganti LPG untuk mendekati pengguna elpiji, DME dan produk lainnya harus dapat ditransportasikan dengan murah. Pipanisasi merupakan solusi yang paling efektif untuk jarak kurang dari 1000 km, dibandingkan dengan metode transportasi yang lain (yaitu, kapal, kereta api, dan truk), pipanisasi adalah cara yang lebih dapat diandalkan dan ekonomis, pipa harus dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi nilai ekonomis. Untuk mendapatkan desain yang tepat pipa disimulasikan dengan hysis sehingga didapatkan rancangan utilitas transportasi yang tepat guna dimana biaya total investasi yang dibutuhkan ekonomis dengan biaya operasi per tahun tidak lebih dari 5% dari CAPEX, dari Kajian didapat kan dimensi pipa 16” dan ketebalan Pipa sebesar 0,375 inch  dengan Right Of Way (ROW) sepanjang 168 km, untuk besaran nilai investasi (CAPEX) pembangunan Pipa Multiproduk DME, Methanol, dan MEG adalah $ 108.843.283 atau dalam IDR  1.578.227.604.582,09 dengan toll fee $ 19.64 /MT. ...... National energy needs increase along with the pace of the economy. Currently, the most widely used energy for daily needs is gas in the form of LPG, coal has the potential to be a substitute for LPG. Indonesia is a country that the 3rd largest produces coal in the world, later the coal will be processed into methanol and DME, which can be used as a substitute for LPG. To approach LPG users, DME and other products must be cheaply transported. Piping is the most effective solution for distances less than 1000 km, Compared to other transportation methods (i.e., ships, trains, and trucks), transmission pipelines are a more reliable and economical way, the objective of this study is to deliver DME, Methanol and MEG using Single line Pipeline.  Pipelines must be designed in such a way that they can meet economic value.  The methode to get the right design, first is simulated pipelines with pipesim, then selecting an appropriate utility and operation, where the total investment required is economical with an annual operating cost of not more than 5% of CAPEX, with an optimum NPV value and targeted IRR value.From the study, it was found that the dimensions of the pipe are 16” and the thickness of the pipe is 0.375 inch with a ROW of 168 km. The investment value (CAPEX) for the construction of the DME Methanol and MEG Multiproduct Pipe is $ 108.843.283 or in IDR  1.578.227.604.582,09 with toll fee $ 19.64 /MT.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Rig Patra Putra
Abstrak :
Dengan meningkatnya produksi sepeda motor, banyak dilakukan perbaikan -perbaikan meningkatkan performa sepeda motor, salah satunya adalah dengan memodifikasi exhaust system, sehingga di pasar aksesoris sepeda motor banyak dijual berbagai jenis exhaust system, tanpa diketahui seberapa besar peningkatan daya yang dihasilkan dari modifikasi exhaust system tersebut. Sehingga perlu dibandingkan beberapa jenis exhaust system yang beredar di pasar dan dianalisa peningkatan performanya. Untuk Menganalisa suatu kemajuan dari perbaikan kondisi sebuah mesin sepeda motor dalam hal ini pengaruh bentuk exhaust system peda peningkatan daya dibutuhkan suatu alat ukur yang digunakan untuk melihat keluaran daya yang dihasilkan dari mesin tersebut. Alat yang akan digunakan tersebut berupa alat uji Dynamometer a tau yang lebih dikenal dengan dynotest, alat dynotest ini mengubah daya mekanik dari mesin sepeda motor menjaidi daya listrik, semakin besar daya lstrik yang dihasilkan dapat dihubungkan dengan meningkatnya daya mesin moror tersebut. Peningkatan daya dicari dengan memodifikasi muffler dari exhaust system dengan pengaturan karburator yang sama. Muffler yang digunakan berdasar merek yang paling banyak digunakan oleh para konsumen dan memiliki kesan dapat meningkatkan daya mesin sepeda motortersebut. Setelah itu dilakukan penggambaran konstruksi exhaust system untuk membandingkan bentuk konstruksi yang terbaik untuk meningkatkan daya, dengan membandingkan daya yang dihasilkan dengan bentuk konstruksi exhaust system dan lebih lanjut disimulasi aliran fluidanya dengan Computational Fluid Dynamics (CFD) menggunakan COSMOS Floworks untuk mendapatkan geometrid an tampilan aliran zat buang dalam exhaust system, dan untuk meindentifikasi bentuk yang terbaik dari exhaust system
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S37830
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library