Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohamad Arizan Rachmatillah
Abstrak :
ABSTRAK
Liberalisasi perdagangan bagi setiap negara ibarat sebuah pedang bermata dua. Di satu sisi liberalisasi menjadi peluang karena adanya penurunan hambatan tarif dan non tarif yang akan meningkatkan volume dan nilai perdagangan internasional. Di sisi lain, liberalisasi perdagangan internasional dalam barang dan jasa merupakan suatu ancaman, karena terbukanya persaingan yang semakin ketat baik untuk pasar domestik maupun pasar internasional. Sehìngga seyogyanya bahwa antusiasme dalam menyambut era globalisasi tersebut diikuti dengan persiapan yang terencana dalam peningkatan keunggulan daya saing melalui strategi nasional yang terintegrasi.

Sehubungan dengan isu strategi nasional yang terintegrasi, maka menjadi kewajiban bagi Pemerintah untuk dapat menyediakan infrastruktur yang kompetitif yang merupakan salab sam faktor bagi terciptanya daya saing produk nasional. Hal tersebut dapat dilakukan melalui restrukturisasi organisasi perusahaan public utility serta perencanaan strategi dan perusahaan tersebut. Walaupun secara teoritis terlihat sederhana namun perubahan yang dapat dilakukan terhadap BUMN penyedia fasilitas publik ini pada kenyataan cukup sulit.

Bagi perusahaan-perusahaa.n yang sepenuhnya berorientasi bisnis dan dijalankan sepenuhnya dengan azas-azas manajernen perusahaan yang independen apalagi kepemilikannya dbniliki pihak swasta tentu tidak terlalu sukar dalam melakukan kebijakan perubahan guna meningkatkan efisiensi dan daya saing, namun untuk perusahaan-perusahaan Badan Usaba Milik Negara yang sarat dengan birokrasi dan prosedur serta memiliki misi sosial disamping misi bisnis perubahan bukanlah hal yang mudah dilakukan

Dengan adanya isu eksternaL dan kendala internal organisasi, sebagai salab satu perusahaan penyedia fasilitas umum PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang sudali selayaknya mempersiapkan din dalarn menyongsong era globalisasi tersebut, Sifat industri pendistribusian tenaga Iistrik yang merupakan suatu bisnis monopoli alamiah, menjadikan posisi PLN DìsJaya menjadi unik. Karena sifat bisnis tersebut PLN DisJaya tenlindungi dañ iklim persaingan. Sehingga perlu dikaji upaya-upaya yang clapat memotivasi peningkatan kinerja serta penentuan tofak ukur kinerja yang lebib baik agar supaya tujuan dan misi perusahaari sebagai suatu perusahaan penyedia fasilitas umum yang mandini, efisien, transparafl dan terukur dapat dicapai.

Untuk mencapai hal tersebut penlu kiranya diformulasikan suatu strategi yang tepat bagi PLN ÐisJaya sebagai suatu perusahaan penyedia fasilitas umum dalam menghadapi era globalisasi Foninulasi ini alcan dilakukan dengan mempertimbangkan faktor lingkungan yang menjadi tantangan dan hamb atan bagi aktifitas PLN DisJaya, serta mengoptimalkan kekuatan organisasi dan sumberdaya yang dimiliki baik untuk saat ini maupun kemungkinan pengembangannya dimasa yang akan datang.

Dengan keterbatasan otonomi, strategi yang dapat dijalankan sut ini adalah mengoptimaikan potensi pasar dengan menjalankan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk serta meLakukan efisiensi biaya dalam batasan kewenangannya. Sedangkan dalam menghadapi era globalisasi terlebih dahulu PLN Dislaya hams menjadi suatu entity yang mandiri sehingga accountable dan dapat menanggung resiko yang selayaknya dipikul oleh suatu perusahaan. Dengan demikian PLN Ðislaya dapat melakukan iangkah-langkah strategis dengan pertimbangan bisnis guna menopang kelangsungan usahanya agar dapat menjadi perusahaan penyedia fasilitas publik yang efisien dan mandiri.
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library