Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Meutia Prima Dara
Abstrak :
ABSTRAK
Saat ini Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kembali mengembangkan pelayanan dokter keluarga. Walaupun sudah berkali-kali dicoba untuk dikembangkan, tetap saja pelayanan dokter keluarga belum dikenal masyarakat sampai saat ini. Hal ini menyebabkan timbul dugaan bahwa pelayanan dokter keluarga tidak sesuai dengan harapan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Apalagi kehidupan di kota besar dimana individu tidak terbiasa membina komunikasi secara mendalam, sangat mementingkan privacy dan tidak ingin orang lain mengetahui masalah pribadi (Milgram dalam Pines dan Maslach, 1993) dianggap tidak mendulcung pelayanan dokter keluarga.

Penelitian ini mencoba menggambarkan rnengenai harapan masyarakat Jakarta terhadap pelayanan kesehatan yang sesuai dengan pelayanan dokter keluarga, dan selanjutnya mengggambarkan karakteristik mana dalam pelayanan dokter keluarga yang dianggap paling sesuai dengan harapan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam memasyarakatkan pelayanan dokter keluarga.

Sampel penelitian ini adalah 98 orang pengguna jasa pelayanan kesehatan di Jakarta, yang diperoleh melalui tehnik accidental sampling (Guilford & Fruchter, 1987). Alat yang digunakan yaitu kuesioner yang mengukur harapan terhadap pelayanan kesehatan yang sesuai dengan pelayanan dokter keluarga. Perhitungan statistik dilakukan dengan mencari skor total, persentase dan chi-kuadrat. Berdasarkan skor totalnya, responden dibagi dalam kelompok responden yang memiliki kesesuaian harapan yang rendah, sedang dan tinggi.

Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa harapan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang sesuai dengan pelayanan dokter keluarga adalah tinggi. Adapun karakteristik pelayanan dokter keluarga yang dianggap paling sesuai dengan harapan masyarakat adalah pelayanan yang bersifat manusiawi.

Hal ini dapat menjadi masukan bagi pihak IDI yang sedang mengembangkan pelayanan dokter keluarga. Diperkirakan pelayanan dokter keluarga dapat berhasil karena karakteristik pelayanannya sesuai dengan harapan masyarakat. Bila ingin mengenalkan pelayanan dokter keluarga disarankan untuk menekankan pada karakteristik pelayanan yang bersifat manusiawi.
1998
S2496
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library