Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mauidhotun Nisa
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini merancang silabus pedagogi matrikulasi bahasa Arab untuk mahasiswa PMIAI ICAS-Paramadina Jakarta. Perancangan silabus diawali dengan analisis kebutuhan baik secara internal maupun eksternal. Silabus pedagogis yang dihasilkan merupakan silabus yang terintegrasi, yakni memadukan antara konten (topik) dan academic reading skill (keterampilan membaca akademik) yang mengacu pada pendekatan Arabic for Academic Purposes (bahasa Arab untuk tujuan akademik). Penelitian ini menggunakan ancangan kualitatif dengan melakakan kuantitfikasi data. Berdasarkan temuan yang diperoleh, diketahui bahwa kemampuan bahasa Arab mahasiswa PMIAI ICAS-Paramadina Jakarta belum memadai untuk membaca dan memahami teks filsafat Islam dan tasawuf dalam bahasa Arab. Oleh karena itu, mahasiswa memerlukan matrikulasi bahasa Arab yang silabusnya dirancang untuk tujuan membaca dan memahami teks filsafat Islam dan tasawuf dalam bahasa Arab.
ABSTRACT
The aim of this project is to design a pedagogy Arabic syllabus for students at PMIAI ICAS-Paramadina Jakarta. The syllabus is an integrated syllabus which combines topic and academic reading skill based on Arabic for Academic Purposes. The process of syllabus design began with need analysis both internally and externally under the qualitative with quantitativeing data. Based on the findings obtained, it is known that students in PMIAI ICAS-Paramadina Jakarta need an Arabic matriculatin for reading and understanding texts purpose since their Arabic proficiency level has not been adequate yet to conduct reading and understanding Islamic philosopy and mysticism texts in Arabic.
2013
T36108
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library