Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Maria Diva Matahari
Abstrak :
Sebagai upaya mendorong konsumsi asuransi yang mengalami penurunan akibat Pandemi COVID-19, sejumlah perusahaan asuransi memasarkan produk asuransi mikro berpemi murah. Penelitian ini bertujuan menganalisis literasi asuransi dalam hal kepemilikan asuransi mikro. Penelitian ini dilakukan terhadap 106 pengguna Instagram di Indonesia yang telah memenuhi kriteria. Literasi asuransi diukur berdasarkan sejumlah indikator yang telah disusun. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menemukan nilai rata-rata literasi asuransi yang dimiliki responden adalah 5,18. Ditemukan pula bahwa responden dengan nilai literasi asuransi yang tinggi punya kecenderungan lebih tinggi dalam hal memiliki asuransi mikro dibandingkan dengan responden dengan nilai literasi asuransi yang rendah. Selain literasi asuransi, responden juga menunjukkan kecenderungan dalam hal memiliki asuransi mikro berdasarkan kondisi demografisnya, seperti jenis kelamin, tingkat pendidikan, status pernikahan, status pekerjaan, dan pendapatan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya suatu strategi pemasaran untuk menggencarkan edukasi mengenai literasi asuransi sebagai langkah awal mempopulerkan asuransi mikro di Indonesia.
......To encourage insurance purchases in Indonesia, which has declined due to the COVID- 19 pandemic, insurance companies are starting popularize low-cost microinsurance products. This study aims to analyze insurance literacy in terms of microinsurance ownership. This study was conducted on 106 Instagram users in Indonesia who have met the criteria. Insurance literacy is measured based on some indicators that have been prepared. Descriptive statistics analysis is used to analyse the acquired data. The results show that the average score of insurance literacy owned by the respondents was 5.18. It was also found that respondents with high insurance literacy scores had a higher tendency to have microinsurance than respondents with low insurance literacy scores. Respondents also tend to have microinsurance based on particular demographic conditions, such as gender, education level, marital status, employment status, and income. This study recommends the need for a marketing strategy to intensify insurance literacy education as a first step to popularize microinsurance in Indonesia
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library