Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lilis Widyawati Dwi Lestari
Abstrak :
Pendidikan merupakan faktor yang penting dalam mewujudkan SDM yang berkualitas. Keberhasilan dalam menciptakan SDM yang berkualitas sangat dipengaruhi oleh ketersediaan guru berkualitas dan terdistribusi secara merata, namun saat ini masih banyak sekolah yang kekurangan guru hingga akhirnya dapat berdampak pada kualitas belajar siswa. Salah satu Kabupaten yang kekurangan guru dan distribusi gurunya tidak merata adalah Kabupaten Malang, untuk itu tata kelola guru terkait penyediaan dan pemerataan guru menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi kebijakan tata kelola guru pada tingkat Sekolah Dasar khususnya terkait dengan penyediaan dan pemerataan guru, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian post positivis, dengan analisis menggunakan Model Implementasi Kebijakan Grindle. Data diperoleh melalui wawancana dan studi literatur. Hasilnya adalah kebijakan tata kelola guru dalam rangka penyediaan dan pemerataan guru tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Malang masih belum berjalan secara efektif dan efisien. Outcome kebijakan, yaitu meningkatnya kualitas peserta didik juga belum tercapai. Dilihat dari faktor konten kebijakan, tingkat perubahan yang diharapkan, letak pengambilan keputusan dan sumber daya belum terpenuhi dan berjalan dengan baik. Sedangkan pada faktor konteks implementasi, sudah terdapat strategi aktor yang terlibat, dukungan rezim yang berkuasa dan tingkat daya tanggap, namun belum optimal dan responnya cenderung lambat. Selain faktor tersebut terdapat faktor lain yang mempengaruhi implementasi yaitu kebijakan pemerintah lainnya ......Education is an important factor to achieve quality of human resources. The quality of human resources is strongly influenced by the availability of quality and equitable teachers. However there are still many schools that shortage of teachers so that it can effect the student learning quality. One of the districts that lack of teachers and having anequal distribution of teachers is Malang District, for this reason teacher governance related to the provision dan distribution of teachers is very important to do. This study is post-positivist research, and the analysis uses the Grindle Policy Implementation Model. This study aims to analyze the implementation of teacher governance policies at the primary school level, particularly in providing teachers and equal teacher distribution, and to identify the factors that influence the policy implementation. Data collection through interviews and literature study. The results show that teacher governance policies in order to provide teachers equally are not carry out effectively and efficiently. The policy outcome, the increase of student quality, has not been achieved. In the policy content factor, extent of change visioned, site of decition making, and resources committed have not been fulfilled and running well. Meanwhile, in the context of implementation, the are already strategies of actors involved, the support of ruling regime and responsiveness of the actor, however, it is not optimal and slow. In addition, there are others factors, such as other government policy that actually influence the policy implementation
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library