Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kuntarti
Abstrak :
Kepribadian caring merupakan atribut penting bagi perawat karena kepribadian bersifat menetap, relatif stabil sepanjang waktu dan pada berbagai situasi. Kepribadian caring dapat memprediksi perilaku caring. Saat ini belum ada instrumen yang khusus mengukur caring sebagai trait kepribadian. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen kepribadian caring. Penelitian dibagi menjadi dua tahap, yaitu pengembangan instrumen dan uji validitas secara empirik. Tahap pengembangan instrumen terdiri dari validasi konstrak oleh 10 pakar, merancang instrumen, dan uji validitas isi rancangan instrumen oleh sembilan pakar. Pada tahap uji validitas secara empirik, uji validitas konstruk dan validitas prediktif melibatkan 488 mahasiswa profesi ners dan perawat yang dipilih dengan convenience sampling. Hasil penelitian tahap I mendapatkan 118 butir pernyataan (CVI 0,75) mencakup lima trait kepribadian caring, yaitu altruisme, kecerdasan emosional, kestabilan emosional, integritas diri, dan optimisme. Hasil uji Confirmatory Factor Analysis (CFA) menghasilkan dua set Inventori Kepribadian Untuk Ners (IKUN) berjumlah 53 dan 50 butir pernyataan yang fit unidimensional mengukur lima trait kepribadian caring. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan kepribadian caring secara bermakna memprediksi perilaku caring (p<0,001) dengan korelasi positif dan kekuatan sedang (r=0,588), serta berkontribusi sebesar 26% membentuk perilaku caring (r2=0,258). Instrumen ini direkomendasikan digunakan untuk melakukan seleksi calon perawat, penelitian dalam rangka pengembangan sumber daya keperawatan, dan untuk pengembangan serta penguatan kepribadian caring di institusi pendidikan dan pelayanan keperawatan. ......Caring personality is an important attribute for nurses because personality is more relatively stable over time and various situations. The caring personality can predict caring behavior. Currently, the available tools are not specifically measures caring as a human trait. This study aimed to develop a caring personality instrument. The research was divided into two stages: the development of the instrument and the empirical validity test. Development of the caring personality inventory included validating the construct by ten experts, developing the instrument, and testing the content validity by nine experts. In the empirical validity test stage, the construct and predictive validity tests recruited 488 Indonesian nursing students and nurses selected by convenience sampling technique. The first stage results obtained 118 items (CVI 0.75) covering five traits in a caring personality: altruism, emotional intelligence, emotional stability, personal integrity, and optimisme. Confirmatory Factor Analysis test resulted in two sets of instruments, 53- items & 50-items Inventori Kepribadian Untuk Ners (IKUN), that fits the data as a unidimensional model. The results of the multiple linear regression test showed that caring personality significantly predicted caring behavior (p <0.001) with positive correlation and moderate strength (r = 0.588) and contributed 26% to forming caring behavior (r2 = 0.258). This instrument is recommended to select prospective nurses, research developing nursing resources, and develop and strengthen caring personalities in nursing education and services institutions.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Dewi Kuntarti
Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2008
T25462
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Dewi Kuntarti
Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2008
T25623
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Desti Arya Kuntarti
Abstrak :
Kredibilitas perusahaan yang baik, tidak terlepas kekuatan masing-masing bagian atau divisi dalam perusahaan, salah satunya adalah public relations (PR) division. Dari berbagai hubungan yang dilaksanakan oleh PR division, media relations dianggap sebagai hubungan yang sangat penting karena media mempunyai pengaruh dalam membentuk opini dan berfungsi sebagai cumber informasi. Namun, kenyataannya tidak banyak perusahaan di Indonesia yang rnemiliki PR yang baik dalam melaksanakan media relations. Salah satu perusahaan di Indonesia yang PR division-nya, penulis anggap baik adalah PR PT Astra International Tbk. Hal ini didasarkan atas kontribusi PR Astra terhadap prestasi yang diperoleh oleh Astra Internartional selama tahun 2004, yaitu mencapai 16 penghargaan, baik lokal maupun internasional. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai media relations, dalam hal ini adalah hal-hal apa sajakah yang diimplementasikan oleh praktisi PR PT Astra International Tbk dalam membina media relations dan mengetahui tanggapan media terhadap pelaksanaan media relations Astra International. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dalam pemaparan dan interpretasi data. Penelitian yang bersifat deskriptif ini, menggunakan unit analisis penelitian dari Astra International dan tiga surat kabar, yaitu Kompas, Bisnis Indonesia, dan Republika, sebagai tanggapan terhadap pelaksanaan media relations Astra International. Penelitian ini menunjukkan bahwa PR Astra International telah melaksanakan aktivitas media relations melalui program-program pembinaan hubungan baik dengan media sebagaimana yang ditanggapi oleh media. Program pembinaan hubungan baik dan prinsip dasar media relations tersebut sesuai dengan yang dirumuskan oleh Jefkins dan Cutlip Center, yaitu melalui mutual appreciation, mutual understanding, mutual confidence, dan tolerance.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4289
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library