Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Imamum Zaenal Muttaqin
Abstrak :
ABSTRAK
Harga gas bumi domestik merupakan salah satu masalah utama dalam percepatan pemanfaatan gas bumi untuk keperluan domestik, guna mengurangi beban subsidi negara atas pemanfaatan bahan bakar minyak yang harganya terus melambung tinggi. Harga gas bumi domestik telah ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan keekonomian biaya pengembangan lapangan gas, dalam hal ini ada komponen biaya hulu dan ada komponen biaya hilir. Komponen biaya hulu dalam pengembangan lapangan gas meliputi sunk cost, drilling cost, production facility cost, opex, abex, dan margin KKKS. Komponen ini dibagi dengan total cadangannya untuk mendapatkan biaya per unit energi (US$/MMbtu). Sedangkan komponen biaya hilir meliputi biaya pipa transmisi (tol fee), biaya pipa distribusi, dan margin harga hilir (margin transporter dan margin trader). Perangkat lunak dalam simulasi monte carlo ini menggunkan crystall ball, yang digunakan untuk memperoleh model distribusi dan nilai rata-rata dari setiap komponen biaya di hulu dan di hilir. Berdasarkan nilai rata-rata tiap komponen biaya tersebut akan didapatkan harga gas domestik sesuai dengan formula harga gas yang diskenariokan. Skenario dalam penelitian ini meliputi skenario harga gas dimana PLN membeli langsung dari KKKS, skenario harga gas dimana PLN membeli dari trader gas, dan skenario harga gas dimana PLN membeli gas LNG dari FSRU Nusantara Regas. Hasil dari penelitian ini berupa harga gas domestik untuk masing-masing skenario harga gas.
ABSTRACT
The domestic gas prices is one of the main problems in accelerating the utilization of natural gas for domestic needs, in order to reduce the subsidy burden of the state in using of fuel oil that the prices raise continuously. The domestic gas prices have been set by the government based on the economic cost of development gas field, in this case there is cost component in the upstream and downstream. The cost component in the upstream for development gas field include sunk costs, drilling costs, production facility cost, opex, abex, and KKKS margin. This components are divided by the total reserves to get costs of per unit energy (US$/MMbtu). While the cost components in the downstream include the cost of transmission pipeline (tol fee), the cost of distribution pipeline, and downstream price margin (transporter margins and trader margins). The Monte Carlo simulations in this study use the crystall ball as software, which is used to obtain the distribution model and the average value of each cost component in the upstream and downstream. Based on average value of each cost component will be obtained the domestic gas price refers to the gas price formula scripted. The scenario in this study consist of gas price scenario in which PLN buys direct from PSC, gas price scenario in which PLN buys from traders gas, and gas price scenario in which PLN buys gas from the LNG FSRU Nusantara Regas. The results on this study is the domestic gas price for every gas price scenario.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35906
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imamum Zaenal Muttaqin
Abstrak :
Makalah ini merupakan kelanjutan dari penelitian sebelumnya [Bambang Sugiarto, Suryana, 2005 ; Bambang Sugiarto, Jabar AW, 2007] dimana polusi udara akan berkurang secara signifikan jika jumlah koridor dan armada yang beroperasi mencukupi dan jika penumpang bus transjakarta adalah yang sebelumnya pengguna mobil pribadi. Perhitungan pemakaian BBG pada bus transjakarta dan pengurangan emisi kendaraan bermotor kota Jakarta dengan Powersim akan bersifat komprehensif dengan pendekatan model dinamik mulai dari pertumbuhan penduduk, pertumbuhan kendaraan bermotor, pertambahan armada, koridor, dan jumlah penumpang bus transjakarta, dan perluasan jaringan bus pengumpan (feeder) sesuai kondisi terakhir (Agustus 2009). Hasil yang diharapkan dari studi ini adalah prediksi kebutuhan BBG dan pengurangan laju emisi kendaraan bermotor dengan beroperasinya bus transjakarta dalam menurunkan polusi udara kota Jakarta hingga Tahun 2012.
This paper is a continuity of previous studies [Bambang Sugiarto, Suryana, 2005; Bambang Sugiarto, Jabar AW, 2007] where air pollution will be reduced significantly if the number of corridors and operating of fleet is sufficient and if the bus transjakarta passengers were previously is private car users. Calculations of the fuel gas (CNG) on the bus transjakarta and reduction of emissions from vehicles with Powersim in Jakarta will be comprehensivelly by approaching to the dynamic models from population growth, vehicle growth, increase fleet, corridors, number of busway passengers, and expansion of the feeder bus network (feeder) according to the last condition (August 2009). Expected results of this study is to predict demand of CNG on the bus transjakarta and reduction the rate of emission from vehicles with operating bus transjakarta to reduce air pollution in Jakarta until 2012.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50805
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library