Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Ilham Khalid
"Pemerintah Kota Depok bekerjasama dengan developer PT Andyka Investa untuk melakukan pembenahan dan pembangunan kawasan yang akan disebut Metrostater Depok. Proyek Metrostater Depok ini diwacanakan akan menaggunakan konsep Transit Oriented Development (TOD) yang mengintegrasikan Stasiun Depok Baru dan Terminal Kota Depok. Namun, setelah beberapa tahun proyek ini terlihat mandek penyelesaian pembangunannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apa saja yang faktor yang menyebabkan proyek ini tertunda dan apa saja dampak yang ditimbulkan dari tertundanya proyek integrasi komplek Metrostater Depok ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan post-positivist dengan teknik pengumpulan data kualitatif melalui wawancara mendalam sebagai sumber data primer serta studi kepustakaan dari penelitian terdahulu, observasi langsung dan rilis berita sebagai sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan kerangka teori utama Project Delay Factors dari Tavassolirizi et.al (2020) dan elaborasi dari teori dampak dari Drucker (1986), Subarto (2015), Latif (2022). Hasil dari penelitian ini mengidentifikasikan bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan tertundanya proyek ini diantaranya adalah kurang tepatnya prediksi dana anggaran, adanya dugaan penyalahgunaan anggaran, kurangnya koordinasi teknis yang baik antar stakeholder, kurangnya peran sentral untuk membuat keputusan, kurangnya otoritas yang memimpin proyek di lokasi, kurangnya desakan untuk menyelesaikan proyek dengan tepat waktu, kurangnya koordinasi matang terkait penyelesaian konflik/sengketa, serta kurang tepatnya estimasi waktu penyelesaian proyek. Selain itu, teridentifikasi pula beberapa dampak yang ditimbulkan dari tertundanya proyek ini diantaranya adalah efek sistemik kemacetan, kerusakan terhadap lingkungan sekitar, berkurangnya kualitas hidup masyarakat kota, dampak ke kesehatan mental masyarakat, kendala para instansi yang tidak bisa mengeluarkan anggaran karena proyek ini masih dalam masa kontrak dengan developer, persepsi negatif yang timbul dari masyarakat Kota Depok terhadap Pemerintah Kota Depok karena tertundanya proyek integrasi Metrostater Depok ini, dan terhambatnya potensi pertumbuhan transportasi dan perekonomian Kota Depok.
The Depok City Government is collaborating with developer PT Andyka Investa to improve and develop the area which will be called Metrostater Depok. The Depok Metrostater project is planned to use the Transit Oriented Development (TOD) concept which integrates Depok Baru Station and Depok City Terminal. However, after several years this project seemed to have stalled in completion. Therefore, this research aims to analyze what factors caused this project to be delayed and what impacts resulted from the delay in the Depok Metrostater complex integration project. This research uses a post-positivist approach with qualitative data collection techniques through in- depth interviews as primary data sources and literature studies from previous research, direct observation and news releases as secondary data sources. This research uses the main theoretical framework of Project Delay Factors from Tavassolirizi et.al (2020) and elaboration of impact theory from Drucker (1986), Subarto (2015), Latif (2022). The results of this research identify that there are several factors that cause delays in this project in accordance with the Project Delay Factors framework, including inaccurate predictions of budget funds, allegations of budget misuse, lack of good technical coordination between stakeholders, lack of a central role in making decisions, lack of authority. who leads the project at the location, lack of sufficient pressure from the unit supervisor or other parties who are also responsible for completing the project on time, lack of thorough coordination regarding conflict/dispute resolution, and inaccurate estimates of the project completion time. Apart from that, several impacts resulting from the delay of this project were also identified, including systemic effects of traffic jams, damage to the surrounding environment, reduced quality of life for city residents, impacts on people's mental health, obstacles to agencies not being able to spend budgets because this project was still in its infancy. contracts with developers, negative perceptions arising from the people of Depok City towards the Depok City Government due to delays in the Depok Metrostater integration project, and hampered transportation and economic growth potential in Depok City."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ilham Khalid
"Pendahuluan : Debonding dan permbersihan sisa bahan adesif setelah perawatan ortodonti cekat menyebabkan permukaan email menjadi kasar. Peningkatan kekasaran permukaan email memudahkan akumulasi plak yang dapat menyebabkan demineralisasi email. Tujuan: Menganalisis perubahan kekasaran permukaan email pasca debonding setelah aplikasi bahan infiltrasi resin, bahan pelapis nano resin, dan kombinasi bahan infiltrasi resin dengan bahan pelapis nano resin serta menganalisis perbedaan perubahan kekasaran permukaan email ketiga kelompok tersebut. Material dan Metode : 30 buah gigi premolar digunakan sebagai spesimen penelitian. Setiap spesimen direkatkan braket standard Edgewise premolar di bagian bukal mahkota gigi, lalu direndam dalam aquades selama 24 jam. Selanjutnya dilakukan proses debonding braket dan sisa bahan adesif dibersihkan menggunakan dome tapered tungsten carbide bur highspeed 30.000rpm. Spesimen dibagi menjadi 3 kelompok perlakuan n= 10 , yaitu : R aplikasi bahan infiltrasi resin; N aplikasi bahan pelapis nano resin; RN aplikasi bahan infiltrasi resin bahan pelapis nano resin. Kekasaran permukaan email diukur menggunakan alat Surface Roughness Tester merk Mitutoyo SJ-301 saat sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Hasil : Terdapat perubahan kekasaran permukaan email pasca debonding yang bermakna setelah aplikasi bahan seluruh kelompok. Perbedaan perubahan kekasaran permukaan email pasca debonding paling besar terjadi pada kelompok RN aplikasi bahan infiltrasi resin bahan pelapis nano resin Kesimpulan : Aplikasi bahan infiltrasi resin bahan pelapis nano resin merupakan metode yang paling efektif untuk menurunkan kekasaran permukaan email pasca debonding dibandingkan aplikasi bahan infiltrasi resin atau bahan pelapis nano resin saja.
Background Debonding and removal of adhesive remnants after orthodontic treatment will increase the surface roughness of enamel, This condition promotes plaque accumulation which leads to enamel demineralization. Objective Analyzing surface roughness changes of enamel after debonding using resin infiltration system, nano filled resin coating, and the combination of both materials. We also analyze the differences in surface roughness changes of enamel between the three groups. Material and Method 30 extracted upper first premolar tooth specimens were bonded with standard Edgewise bracket and stored in distilled water for 24 hours. Then the brackets were debonded, and adhesive remnants were removed using highspeed dome tapered tungsten carbide bur at 30.000rpm. Afterwards, each specimen was randomly assigned into one of the three treatment groups n 10 , which were R resin infiltration system N nano filled resin coating RN A combination of resin infiltration system nanofilled resin coating. The surface roughness of enamel was measured using Mitutoyo SJ 301 Surface Roughness Tester before and after the treatment."
[Jakarta, ]: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2017
SP-PDF
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library