Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Henry Udoko
Abstrak :
ABSTRAK
Aliansi strategis atau perikatan kerjasama antara dua atau lebih perusahaan dapat menjadi wahana bagi para pihak untuk mendapatkan pengetahuan dari pihak lain. Terjadinya alih pengetahuan tersebut sangat dipengaruhi oleh kemauan masingmasing pihak untuk memberi dan menerima. Penelitian tentang alih pengetahuan telah banyak dilakukan dengan menguji berbagai faktor-faktor yang mempengaruhi, diantaranya adalah niat dan motivasi belajar, absorptive capacity, kemenarikan mitra, ambiguity, kualitas hubungan, dan protectiveness. Namun demikian, belum dilakukan penelitian yang secara simultan memeriksa pengaruh karakter dari partner yakni attractiveness dan protectiveness berikut niat belajar dari pihak penerima terhadap alih pengetahuan. Tulisan ini meneliti pengaruh attractiveness, intent dan protectiveness terhadap alih pengetahuan. Penelitian pada level individu terhadap tujuh aliansi strategis perusahaan minyak di Indonesia dalam bentuk JOB/BOB Pertamina dengan berbagai perusahaan lain, menemukan attractiveness mitra mempengaruhi intent perusahaan untuk menerima pengetahuan dan intent sangat berpengaruh secara signifikan terhadap alih pengetahuan. Meskipun protectiveness diduga menghambat alih pengetahuan, namun penelitian ini menemukan bahwa pengaruh tersebut tidak signifikan.
ABSTRACT
Strategic Alliance or cooperation between two or more company can be a tools for each company to get knowledge from each other. This knowledge transfer is very effected by each party’s willingness to give and to take that knowledge. Research in knowledge transfer has been conducted to test a various factors that effected it, such as learning intent and motivation, absorptive capacity, partner attractiveness, ambiguity, relationship quality and protectiveness. Yet, there is no research simultanously test the effect of partner characteristics namely attractiveness and protectiveness with recipient’s intent to the knowledge transfer. This paper search the simultanously effect of attractiveness, intent and protectiveness to the knowledge transfer. This research at individual level on seven oil company strategic alliances in Indonesia that is Pertamina’s JOB/BOB with various other oil company, indicated that partner attractiveness is affecting company intent to get knowledge and this intent is very significantly effecting to knowledge transfer. Although protectiveness is predicted will hindered knowledge transfer, this research found that this effect is not significant.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library