Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Helliyani Esterina Hakh
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional (emotional intelligence atau EI) dengan perilaku berorientasi pada pelanggan (customer orientation behavior atau COB) karyawan PT XX yang bergerak di bidang jasa . Berdasarkan hasil identifikasi masalah organisasi ditemukan bahwa beberapa karyawan PT XX memiliki EI yang rendah. Hal ini menghambat mereka untuk menampilkan COB. Identifikasi masalah kemudian dibuktikan dengan mengukur hubungan antara kedua variabel tersebut. Alat ukur yang digunakan adalah Emotional Competence Inventory (Goleman,1998; Boyatzis,1996; Hay/McBer,1996) dan Employee Customer-Orientation Behavior (Grizzle, Zablah, Brown, Mowen, & Lee, 2009) yang telah diadaptasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan terhadap kedua variabel (r = .063*,p < .05). Berdasarkan hasil tersebut peneliti menetapkan intervensi untuk menangani masalah organisasi dengan memberikan “Pelatihan Improve Service Excellence From Inside-Emotional Intelligence (ISEFI-EI)” terhadap lima karyawan yang memiliki EI rendah. Uji beda kemudian dilakukan untuk melihat efektivitas pelatihan menggunakan Wilcoxon Signed-Rank Test dan diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor EI (Z =-2.023, Sig.2-tailed =.043, p< .05) dan skor COB (Z = -2.032, Sig.2-tailed =.042, p< .05) saat sebelum dan setelah diberikan intervensi. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa intervensi “Pelatihan ISEFI-EI” memberikan peningkatan skor EI sehingga mendukung peningkatan COB milik karyawan PT XX.
ABSTRACT
This study aims to determine the relationship between emotional intelligence (EI) and customer-orientation behavior (COB) of employee of PT XX, a services company. Based on the identification results of organizational problem, discovered that several employees of PT XX have low EI which hinders them to show COB. Emotional Competence Inventory (Goleman,1998; Boyatzis,1996; Hay/McBer,1996) and Employee Customer-Orientation Behavior (Grizzle,Zablah,Brown,Mowen,& Lee, 2009) which has been adapted are used to measure the relationship between EI and COB of the employee. The result shows there is significant effect on both variables (r = .063,p < .05). Based on the result, researcher then set intervension to solve the organization problem by providing Improve Service of Excellence From Inside-Emotional Intelligence training (ISEFI-EI) for the employees with low EI score. Then, researcher conduct wilcoxon signed rank test to five employees with low EI using. The result shows there are significant difference between EI score (Z = -2.023, Sig. 2 tailed = .043, p < .05) and COB score (Z = -2.032, Sig. 2 tailed = .042, p < .05) before and after intervention. Based on the result, it can be concluded that ISEFI-EI training intervention increased EI score that increase the COB of employee of PT XX.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42036
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Helliyani Esterina Hakh
Abstrak :
Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan trait kepribadian The Big Five Factor dengan kematangan karir di SMA. Dalam penelitian ini, kematangan karir diukur menggunakan CDI (Career Developmental Inventory) dikembangkan oleh Super & Thompson (1979) yang telah diadaptasi dan dimodifikasi oleh peneliti. Trait kepribadian diukur menggunakan Short form for the IPIP-NEO (International Personality Item Pool Representation of The NEO PI-R) yang telah diadaptasi oleh Safitri (2007), kemudian dimodifikasi oleh Amalia (2008), dan dimodifikasi kembali oleh peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Partisipan penelitian ini adalah 267 siswa SMA kelas XI. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis korelasi berganda pada SPSS 17.0. Nilai F diperoleh sebesar 13,134 (p<.000) dan nilai R sebesar .453 yang berarti bahwa variabel trait kepribadian The Big Five Factor secara bersama-sama berhubungan dengan Kematangan Karir pada siswa SMA. Disamping itu juga ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara trait extraversion dengan kematangan karir siswa SMA. The purpose of this research was to know the correlation between personality trait, The Big Five Factor and career maturity in high school student. In this research, survey of career maturity using CDI (Career Developmental Inventory) developed by Super and Thompson (1979), which adapted and modificated by researcher. Survey of personality traits using Short form for the IPIP-NEO (International Personality Item Pool Representation of The NEO PI-R), adapted by Safitri (2007), modificated by Amalia (2008), and re-modificated by researcher. This research is ex-post facto research and using questionnaire as a data collect tool. The participant in this research was 267 2nf grader high school student. The data was analized by multiple correlation technique on SPSS 17.0. The result shown that there were significant correlation between personality trait, The Big Five Factor and Career Maturity in high school student with F value shown as 13,134 (p <.000) and with R value (coefficient correlation) .4S3. Significant relationships have also been obtained between extraversion and career maturity in high school student.
2010
S3653
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library