Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Harry Purnama
"Humor merupakan salah satu aktivitas yang digemari oleh masyarakat. Humor digemari karena dapat menghibur, dapat membebaskan kita dari kejenuhan, dan dapat mencairkan suasana. Salah satu jenis humor adalah pelesetan. Pelesetan biasanya digunakan hanya untuk menghibur, bukan untuk menyindir. Cara penyampaian pelesetan ada bermacam-macam, salah satunya adalah melalui tuturan tanya jawab. Pada bentuk ini, jawaban yang diberikan atas pertanyaan biasanya berupa pelesetan. Salah satu faktor penting dalam sebuah pelesetan adalah kesamaan faktor sosial dan budaya antara penutur dan mitra tutur. Apabila tidak ada kesamaan konteks sosial-budaya, pelesetan itu tidak akan berhasil. Dalam menciptakan pelesetan, ada permainan bunyi dan permainan makna yang terjadi. Hal tersebutlah yang menyebabkan kelucuan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menjelaskan pemaknaan kelucuan dan permainan bunyi dalam pelesetan yang ada dalam tuturan tanya jawab. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode simak, dan teknik lanjutannya adalah teknik rekam. Pemilihan data dari tuturan tanya jawab karena tuturan tanya jawab sangat produktif menghasilkan pelesetan dibandingkan cara penyampaian pelesetan yang lain. Pada intinya kelucuan yang dihasilkan dari pelesetan adalah dengan mempermainkan bunyi. Kemudian dari permainan bunyi itu muncul permainan makna kata. Kelucuan dalam pelesetan juga dihasilkan dari kolokasi dua buah jawaban yang tidak biasa untuk berkolokasi"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harry Purnama
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan membuat skema penilaian untuk kelas menulis tingkat madya di lembaga pengajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing. Skema penilaian yang coba dibuat adalah yang praktis digunakan dan menghasilkan penilaian yang andal. Skema dirancang dengan menggunakan langkah-langkah penyusunan skema penilaian yang dikemukakan oleh Mertler (2001). Pengujian skema penilaian dilakukan dengan bantuan tiga partisipan yang menilai tulisan yang sama. Sampel untuk pengujian skema penilaian diambil dari hasil ujian tengah semester dan ujian akhir semester dari enam kelas menulis bahasa Indonesia untuk orang asing tingkat madya periode Januari-Mei 2011. Data dari hasil penilaian itu kemudian dianalisis menggunakan ANOVA. Hasil dari pengujian skema penilaian menunjukkan bahwa skema penilaian ini lebih cocok digunakan untuk menilai esai daripada menilai tulisan yang hanya terdiri dari satu paragraf.

ABSTRACT
The purpose of this study is to create a marking scheme for an intermediate writing class in Indonesian languages learning institution for foreign speakers. The marking scheme that I try to create is the one that is easy to use and yield reliable scores. This marking scheme is created by following the procedures proposed by Mertler (2001). The testing of this marking scheme is carried out by involving three teachers who assess the same writing. The samples for this marking scheme?s testing was taken from the mid semester tests and final semester tests from six intermediate level writing classes in the period of January-May 2011. Afterwards, data from this test were analyzed using ANOVA. The findings show that this marking scheme is more suitable to assess essays rather than assess one paragraph.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
T31485
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Harry Purnama
"Desain keselamatan kendaraan berbasis listrik dari tabrakan depan sangat diperlukan untuk keselamatan penumpang dan kompartemen baterai. Salah satu komponen struktur berdinding tipis yang berpengaruh untuk menyerap energi kinetik adalah crash box. Struktur berdinding tipis berpenampang top hat dengan variasi jarak las dan pemicu rusak merupakan salah satu terbosan untuk dapat meningkatkan kriteria kelaiktabrakan. Simulasi numerik dengan analisis kuasi statik dilakukan menggunakan perangkat lunak ABAQUS yang kemudian divalidasi dengan uji eksperimental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur berdinding tipis berpenampang top hat dengan variasi jarak las dan pemicu rusak terhadap kriteria kelaiktabrakan. Tujuan selanjutnya adalah untuk mengetahui peletakan kompartemen baterai yang sesuai dengan desain keselamatannya. Dengan menambahkan pemicu rusak tipe long hole (LH) energi penyerapan (EA) meningkat 5.66% dan gaya maksimum (Pmaks) menurun 1.01%. Selain itu pada uji tumbukan depan penuh kendaraan mobil listrik, karena adanya deformasi pada bagian depan kendaraan, tidak disarankan meletakkan kompartemen baterai pada zona sekunder.

Electric vehicle safety design from the front collision is indispensable for passenger safety and battery compartment. One of the thin-walled structural components that affect absorbing kinetic energy is the crash box. A thin-walled structure with a top hat cross-section with variations in weld pitch and crush initiator is a breakthrough to improve crashworthiness criteria. Numerical simulations with quasi-static analysis were performed using ABAQUS software and then validated by experimental tests. This study aims to determine the effect of a thin-walled structure with a top hat cross-section with variations in welding distance and trigger damage on the criteria for crashworthiness. The next goal is to find out the placement of the battery compartment following its safety design. Adding a long hole type crush initiator (LH), the absorption energy (EA) increases by 5.66%, and the maximum force (Pmax) decreases by 1.01%. In the full front collision test of electric car vehicles, the following result is not recommended to place the battery compartment in the secondary zone due to deformation of the vehicle's front. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library