Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hana Naufanita
"Pendekatan psikologi menjadi salah satu perspektif yang kerap digunakan untuk menggali motivasi teroris dan intervensi dalam program deradikalisasi. Secara spesifik pendekatan psikologi ditempatkan untuk membangun profil, penilaian risiko, dan modifikasi perilaku. Dari tujuan tersebut, tampak bahwa terorisme dipahami sebagai sebuah perilaku, padahal ia juga merupakan proses mental yang melibatkan aspek kognitif, afektif, dan perilaku sekaligus. Distorsi kognitif pada diri teroris menjadi sumber permasalahan yang disepakati masyarakat, akademisi, maupun pemangku kepentingan. Sayangnya dinamika ketiga domain tersebut tidak benar-benar didiskusikan lebih jauh. Penelitian ini berupaya mengelaborasi dinamika domain kognitif, afektif, dan perilaku mantan narapidana terorisme Muslim dari tradisi keilmuan Islam klasik yang mampu menyuguhkan aspek psikospiritual, yaitu melalui teori ilm (ilmu), hal (kondisi hati), dan amal (aksi) milik Imam Al Ghazali. Memahami proses interaksi ketiga domain menjadi penting dalam upaya perumusan program intervensi yang tepat sesuai kebutuhan para teroris yang mengidentifikasikan diri sebagai ‘jihadis’. Walaupun agama dalam kasus terorisme menjadi kambing hitam, kebutuhan transenden yang dibangun lewat ajaran agama pada tiap-tiap ‘jihadis’ sedikit banyak tetap memiliki andil dalam membentuk motivasi mereka untuk terlibat dalam pemahaman dan/atau kelompok teror. Penelitian ini menemukan bahwa domain ilmu dan hal berkompetisi dalam membentuk motivasi ‘jihadis’.

Psychology has become one of those promising approaches to study terrorists’ motivation and intervention in deradicalization program. This approach specifically attempts to construct profiling, risk assessment, and behavior modification. From those objectives terrorism tends to be seen as behavioral problem, whereas it is a mental process that includes cognitive, affective, and behavioral aspects. Cognitive distortion of terrorist as the source of problem becomes common understanding among society, scholars, and stakeholders. Unfortunately, as far as this research is being conducted, the dynamics of the three-domain left undiscussed. The study elaborates how cognitive, affective, and behavior of former Muslim terrorist convict interact from Imam Al Ghazali’s perspective that offers psychospiritual aspects that is ilm (knowledge), hal (heart condition), and amal (action). Comprehension of the three-domain’s dynamics become crucial to construct precise intervention program based on terrorists’ —who identify themselves as ‘jihadist’— spiritual needs. Although religion in the case of terrorism becomes scapegoat, transcendent need built through religious teachings in each ‘jihadist’ somehow has part in enforcing their motivation. This research found that ilm and hal intensely compete each other to dominate ‘jihadist’ motivation."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hana Naufanita
"ABSTRACT
Diaspora merupakan istilah yang semakin umum digunakan. Makna dari istilah ini mengalami perubahan yang secara paralel melintasi tiga periode mdash;klasik, modern dan kontemporer. Sifatnya yang diskursif membuat diaspora dapat bermakna apa saja disesuaikan dengan siapa yang mengartikulasikan. Di Indonesia, gagasan diaspora Indonesia marak diperbincangkan sejak tahun 2012. Diaspora diartikulasikan oleh aktor non negara yang umumnya adalah kelompok elit atau ekspatriat. Kelompok ini mampu mengubah persepsi negara terhadap ekspatriat yang awalnya pengkhianat menjadi aset negara. Melalui relasi tersebut, baik aktor negara dan non negara memiliki satu motif yang sama, memaksimalkan kapital lewat keahlian, remitansi dan investasi. Hal ini dikukuhkan dalam Peraturan Presiden No. 76 Tahun 2017 tentang Fasilitas Masyarakat Indonesia di Luar Negeri atau yang dikenal sebagai Kartu Diaspora. Namun demikian, bangsa Indonesia memiliki ragam sejarah migrasi internasional mdash;seperti TKI, kelompok etnis perantau di era kolonial, pengungsi akibat gejolak politik dan eksil 1965 mdash; dengan kepentingan yang beragam pula. Kasus ini menunjukkan kompleksitas diaspora sebagai sebuah istilah yang awalnya berniat untuk memayungi seluruh bangsa Indonesia dan keturunannya di luar negeri justru menimbulkan permasalahan representasi di dalam tubuh diaspora itu sendiri. Peneliti berargumen bahwa diaspora Indonesia merupakan wacana yang diartikulasikan oleh kelompok kepentingan dan didukung oleh negara untuk meraup kapital. Padahal diaspora adalah metafora yang secara kontinu diciptakan, ditransformasikan dan dipertahankan untuk mendefinisikan kembali identitas suatu bangsa. Dengan meleburkan konsep diaspora ke dalam HI, peneliti bermaksud untuk menganalisis relasi power dan konteks yang berlangsung dalam wacana diaspora Indonesia, serta meninjau konsep identitas nasional dalam HI yang umumnya berbasis negara sebagai aktor tunggal dan berdaulat. Posisi diaspora sebagai aktor non negara membuat konsep identitas nasional dalam HI dapat didefinisikan kembali.

ABSTRACT
Diaspora is increasingly common term to be used. The meaning of this term change over three periods classical, modern and contemporary. Its discursive nature makes diaspora means everything, adjusted to whoever articulates it. In Indonesia, the idea of Indonesian diaspora has been spread since 2012. Diaspora is articulated by non state actors, the expatriate group. This group is able to change the perception of the state against expatriates from traitors to state assets. Through these relations, both state and non state actors have one common motive, maximizing capital through human capital, remittance and investment. This is confirmed in The Presidential Decree No. 76 Year 2017 on Facilities for Indonesian Society Abroad which is known as Diaspora Card. Meanwhile, the Indonesian has a diverse history of international migration ndash such as migrant workers, ethnic groups in colonial era, refugees due to political turmoil and exile of 1965 with various interests. This case shows the complexity of diaspora as a term that originally intended to include entire Indonesian and its descendants abroad. Instead, this has risen the problem of representation in Indonesian diaspora itself. I argue that the Indonesian diaspora is a discourse articulated by interest groups and supported by the state to maximize capital. Whereas diaspora is a metaphor that is continuously created, transformed and maintained to redefine identity of a nation. By incorporating diaspora into IR, I intend to analyze power relations and context within Indonesian diaspora discourse and also to review the concept of national identity which commonly use state centric perspective that state is seen as unitary and sovereign. The position of diaspora as non state actors makes the concept of national identity in IR redefined."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library