Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gana Royana Putri
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas konstruksi sosial pengajar Ilmu Perpustakaan terhadap keilmuan bidang Ilmu Perpustakaan dalam mempersiapkan profesionalisme mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi.

Hasil penelitian ini, Pertama, berdasarkan proses dialektika Peter L. Berger, proses konstruksi sosial pengajar ilmu perpustakaan di perguruan tinggi swasta bertumpu pada pengalaman pengajar, nilai dan prinsip instansi yang menyelenggarakan program studi ilmu perpustakaan. Kedua, adanya keseimbangan kuasa antara pengajar dengan mahasiswa Ilmu Perpustakaan dalam proses pembelajaran. Ketiga, aktivitas yang bersifat konsisten yaitu diadakannya kuliah tujuh menit pra rapat guna meningkatkan profesionalisme civitas akademika. Keempat, proses konstruksi sosial yang terjadi adalah kooperasi, bekerja sama dilandasi oleh minat, perhatian dan kesepakatan bersama dalam organisasi perguruan tinggi swasta program studi Ilmu Perpustakaan.

Sebagai masukan dari penelitian ini, bagi perguruan tinggi secara umum diharapkan adanya kesesuaian visi misi dan kurikulum dengan fakultas yang menaungi agar adanya sinkronisasi antar keduanya. Perlunya kerjasama antar perguruan tinggi secara umum yang memiliki program studi Ilmu Perpustakaan untuk meningkatkan minat terhadap Ilmu Perpustakaan serta melestarikan dan mengembangkan keilmuan bidang Ilmu Perpustakaan. Begitu juga dengan pemerintah, perlunya meningkatkan kebijakan guna menjunjung tinggi dan mendukung prospek kerja bagi mahasiswa pasca lulusan bidang ilmu perpustakaan dan informasi.
ABSTRACT
This research discusses the social construction of library science lecturers in the field of Library Science in preparing professionalism for undergraduate student of Library Science. This is a qualitative study with the phenomenological method.

The results of this study, Firstly, based on dialectical process of Peter L. Berger, the process of social constuction of library science teaching in private universities rely on teaching experience, values and principles of the agency which organizes courses of library science. Secondly, the balance of power between lecturers and students of Library Science in the learning process. Thirdly, the event that occurred and sustain, namely the holding of pre-meeting lecturers seven minutes (pra-kultum) in order to increase the professionalism of the academic community. Fourth, the process of social construction that occurs is a working cooperation based on interest, concern and mutual agreement in the organization of private university in program of Library Science.

Finding of this research, the college expect that cooperation the vision, mission and curriculum standardised with the faculty, in order to create the synchronization between both of them. The need of cooperation between universities which have Library Science raising interest in Library Science and preserving and developing the scholarly field of Library Science courses. The government also needs to improve policies in order to uphold and support the employment prospects for post-graduate students of library and information science.
2016
T46302
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library