Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fitria Sis Nariswari
"Skripsi ini mengkaji ideologi liberalisme yang tersirat dalam status akun Twitter @Ulil milik Ulil Abshar Abdalla dengan menggunakan pendekatan analisis wacana kritis untuk mengetahui pandangan, keberpihakan, pendapat yang pro-kontra dari pengguna Twitter lain, dan ideologi dari akun @Ulil. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, berupa metode analisis wacana kritis yang diterapkan oleh Norman Fairclough, yang menitikberatkan deskripsi, interpretasi, dan eksplanasi teks. Interpretasi dan deskripsi teks dilakukan dengan menggunakan pendekatan makrostruktur Teun A. van Dijk untuk mencari makroproposisi dan makrostruktur setiap status dari akun Twitter @Ulil. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat ideologi liberalisme yang tersirat di dalam akun Twitter @Ulil yang termanifestasi ke dalam bentuk-bentuk kebahasaan.

This research is about critical discourse analysis of Twitter discourse (about implied liberalism ideology in Twitter account’s Ulil Abshar Abdalla). This study has purpose for knowing worldview and pro-contra opinion from the others Twitter users, and implied ideology from @Ulil account. This research uses qualitative method, which is the critical discourse analysis method proposed by Norman Fairclough (description, interpretation, and explanation text). Interpretation and description text are done by using macrostructure approach of Teun A. van Dijk for finding macrostructures in every Twitter’s status of @Ulil. The result indicates that there is implied liberalism ideology in Twitter’s account of @Ulil which is represented in language."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47755
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Sis Nariswari
"[Tesis ini membahas pemaknaan terhadap situs Gunung Kawi dan ritual ngalap berkah. Terdapat dua makam yang dikeramatkan di Gunung Kawi, yaitu makam Eyang Djoego dan Eyang Soedjono. Situs yang terkenal dengan situs untuk mencari pesugihan ini merupakan sebuah ruang yang di dalamnya terdapat berbagai narasi dan persilangan kekuasaan untuk mempertahankan kepentingan pihak-pihak yang berkelindan, yaitu Yayasan Ngesti Gondo, Pemerintah Desa Wonosari, Pengurus Padepokan, dan Pramuwisata. Ritual ngalap berkah tidak
hanya dilakukan oleh para tamu kepada kedua makam, tetapi juga para pihak yang berkepentingan kepada para tamu. Data diperoleh dengan pendekatan etnografi (field study) termasuk in-depth interview di Dusun Wonosari, Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur dari bulan November 2014—Maret 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa situs Gunung Kawi merupakan situs yang sangat menguntungkan bagi pihak-pihak yang berkepentingan jika ditinjau dari sisi ekonomi. Namun, di sisi lain, situs ini tidak pernah diakui keberadaannya secara resmi karena ritual ngalap berkah dianggap sebagai ritual yang tidak sesuai dengan ajaran agama;This research is about the meaning making process of Gunung Kawi site and the ngalap berkah rituals. There are two sacred graves in Gunung Kawi, the graves of Eyang Djoego and Eyang Soedjono. The site used to be a place for pesugihan which means a form of worship to gain riches. There are many narrations to defend the power of authority, namely Yayasan Ngesti Gondo, Pemerintah Desa Wonosari, Padepokan caretaker, and the guides. The ngalap berkah ritual is not only performed by the visitors of the ngalap berkah ritual, but also the
stakeholders. This research uses ethnography methods including in-depth interview method in Wonosari Village, Malang Regency, East Java since November 2014 until March 2015. The results show how Gunung Kawi site is beneficial for the authorities from economic side. On the other hand, the site was never officially recognized as a place for ngalap berkah ritual instead of the pesugihan ritual because it was considered as the proper rituals with the religious teaching., This research is about the meaning making process of Gunung Kawi site and the
ngalap berkah rituals. There are two sacred graves in Gunung Kawi, the graves of
Eyang Djoego and Eyang Soedjono. The site used to be a place for pesugihan
which means a form of worship to gain riches. There are many narrations to
defend the power of authority, namely Yayasan Ngesti Gondo, Pemerintah Desa
Wonosari, Padepokan caretaker, and the guides. The ngalap berkah ritual is not
only performed by the visitors of the ngalap berkah ritual, but also the
stakeholders. This research uses ethnography methods including in-depth
interview method in Wonosari Village, Malang Regency, East Java since
November 2014 until March 2015. The results show how Gunung Kawi site is
beneficial for the authorities from economic side. On the other hand, the site was
never officially recognized as a place for ngalap berkah ritual instead of the
pesugihan ritual because it was considered as the proper rituals with the religious
teaching.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
T43831
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Sis Nariswari
"Disertasi ini membahas secara tekstual dan memaknai secara kontekstual cerita-cerita horor Abdullah Harahap. Abdullah Harahap merupakan penulis cerita horor pada tahun 1970—1990-an dengan hampir 100 karya pada kurun waktu dua decade tersebut. Data yang digunakan adalah tiga novel, yaitu Roh dari Masa Lampau (tanpa tahun), Titisan Iblis (1989)dan Misteri Lembah Hantu (1991). Pemilihan data dilakukan dengan melihat wujud makhluk supranatural dari keseluruhan cerita horor Abdullah Harahap. Analisis tekstual ketiga novel tersebut dengan menggunakan model alur cerita horor menghasilkan formula cerita horor Abdullah Harahap, yaitu kekerasan, seksualitas, dan supranatural. Ketiga hal tersebut membentuk cerita yang terus berulang. Di dalam formula tersebut ditemukan adanya legenda dan kepercayaan masyarakat yang direproduksi di dalam karya sastra. Pemaknaan secara kontekstual menghasilkan temuan bahwa pola pikir klenik masih digunakan sebagai pedoman hidup masyarakat. Secara keseluruhan, penelitian ini memperlihatkan kekhasan cerita horor Abdullah Harahap dan kritik sosial di dalam cerita horor Abdullah Harahap.

This dissertation discusses textually and contextually interprets Abdullah Harahap's horror stories. Abdullah Harahap was a horror story writer in the 1970-1990s with nearly 100 works in the two decades. The data used are three novels, Roh dari Masa Lampau (tanpa tahun), Titisan Iblis (1989)dan Misteri Lembah Hantu (1991). The data is selected by looking at the form of supernatural beings from the whole horror story of Abdullah Harahap. Textual analysis of the three novels using the horror storyline model resulted in Abdullah Harahap's horror story formula, namely violence, sexuality, and the supernatural. The formula form a repeating story. In the formula, it is found that there are legends and people's beliefs that are reproduced in literary works. Contextual meaning results in findings that the occult mindset is still used as a guide for people's lives. Overall, this study shows the peculiarities of Abdullah Harahap's horror story and social criticism in Abdullah Harahap's horror story.

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library