Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Fitri Feria Wardani
"Tujuan penulisan skripsi adalah untuk mengetahui faktor-faktor dalam pendekatan Hofer/Schendel yang patut diperhatikan Goodyear guna meningkatkan posisi kompetitifnya. Metode penelitian yang digunakan adalah berupa penelitian yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden, dalam hal ini para manager PT. Goodyear Indonesia yang tugasnya berkaitan dengan bidang pemasaran. Kemudian data diolah dengan menggunakan teknik Semantic Differential Dari hasil penelitian diketahui bahwa faktor-faktor Hofer/Schendel yang diteliti dapat dikelompokkan ke dalam 2 kelompok, yaitu faktor-faktor yang sangat penting dan faktor-faktor yang penting dalam menentukan posisi kompetitif, serta memiliki relevansi tinggi dengan industri ban. Analisa yang dilakukan terhadap faktor-faktor tersebut dengan menggunakan pendekatan Hofer/Sehendel, membantu dalam menentukan kekuatan dan kelemahan PT. Goodyear Indonesia. Selanjutnya hasil temuan ini dan hasil penelitian dengan menggunakan teknik semantic differential, merupakan alat penting yang membantu perumusan strategi apabila dijadikan dasar pembuatan matriks TOWS. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT. Goodyear Indonesia tergantung pada faktor-faktor tertentu dalam lingkungan eksternalnya untuk dapat bertahan dan meraih keuntungan. Pilihan strategik dibatasi dan merupakan hasil interaksi dari perusahaan dan lingkungannya. Kepentingan setiap faktor itu sendiri (dalam hal ini yang dimaksud adalah faktor-faktor Hofer/Schendel) dalam menentukan posisi kompetitif, tergantung dari sifat industri. PT. Goodyear Indonesia sebaiknya mempergunakan kekuatannya serta berusaha untuk mengatasi kelemahannya, agar dapat memanfaatkan peluang dan menghindari ancaman yang ada secara lebih baik."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S18970
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library