Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fayadiva
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang pengaruh pelingkung berupa elemen dinding pada sebuah toko terhadap tanggapan pengunjung. Penelitian mendalam terkait pengaruh pelingkung toko dengan tanggapan pengunjung perlu dilakukan untuk dijadikan pertimbangan perancangan bagi arsitek dan pemilik properti. Studi literatur dilakukan sebagai tahap awal pada penelitian ini untuk menemukan faktor yang mempengaruhi perilaku pengunjung. Faktor tersebut kemudian digunakan sebagai variabel dalam eksperimen. Eksperimen dilakukan menggunakan video simulasi tiga buah toko elektronik dengan penataan pelingkung yang berbeda. Dinding sebagai elemen pelingkung disusun berbeda pada setiap toko yaitu mengelilingi empat sisi, mengelilingi dua sisi dan tidak ada dinding sama sekali. Dua set kuisioner juga digunakan sebagai metode pada penelitian ini yang diisi oleh 163 responden yang berpartisipasi pada eksperimen ini. Penelitian ini menemukan bahwa toko yang disimulasikan tidak memiliki pelingkung berupa elemen dinding dapat mempengaruhi tanggapan pengunjung untuk menetap lebih lama di dalam toko. Faktor lainnya yang mempengaruhi durasi pengunjung menetap di dalam toko adalah jenis kelamin, jumlah tabungan dan umur pengunjung. Penelitian ini juga menemukan bahwa durasi pengunjung menetap di dalam toko dapat mempengaruhi keputusan mereka membeli produk yang dijual. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan pengelola properti dalam merancang toko yang tepat untuk meningkatkan pengalaman belanja pengunjung. Arsitek dapat mempertimbangkan keberadaan pelingkung saat merancang bangunan properti. Penelitian ini juga dapat dikembangkan dengan menggunakan konteks toko selain toko elektronik untuk melihat pengaruh kebaradaan pelingkung terhadap tanggapan pengunjung. ......This study discussed the effect of enclosure on customer responses. The spatial quality of a store can affect the behavior of customers when shopping. The development of retail uses temporary stores without enclosure as a new way to promote their products. In-depth research related to the influence of the stores enclosure with customer responses needs to be done to be used as design considerations for architects and property owners. A literature study was conducted as an initial step in this study to find factors that influence customer behavior. The factors are then used as a variable in the experiment. Experiments carried out using video simulations of three electronic stores with different enclosure arrangements. Walls as an element of the enclosure are arranged differently in each store (4 walls, 2 walls, 0 walls). Two sets of questionnaires were also used as a method in this study and were filled out by 163 respondents who participated in this experiment. This study found that a simulated store that does not have an enclosure can influence the response of customers to stay longer inside. Other factors that influence the duration of visitors staying in the store are gender, the amount of savings, and the age of visitors. The study also found that the duration of visitors staying in the store could influence their decision to buy the products. The results of this research can be utilized by property developers in designing the right stores to enhance the shopping experience of visitors. The architects can consider the existence of enclosure when designing property buildings. This research can also be developed by using a different store context other than an electronic store to see the effect of the enclosure on the customer responses.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fayadiva
Abstrak :
ABSTRACT
Wayfinding merupakan suatu kegiatan oleh manusia dalam memilih jalur untuk mencapai tempat tujuannya. Proses wayfinding akan bergantung kepada bagaimana sebuah lingkungan dapat terbaca dengan jelas bagi penggunanya. Skripsi ini membahas mengenai hubungan antara peran citra dan konfigurasi ruang yang terkait dengan fungsi dan strategi yang digunakan dalam wayfinding. Studi kasus dengan beberapa responden di sebuah pusat perbelanjaan dilakukan untuk memahami lebih lanjut mengenai hubungan peran citra dan konfigurasi dalam wayfinding. Dari hasil studi kasus dapat disimpulkan bahwa elemen citra memiliki peran yang berguna sebagai penanda ataupun petunjuk untuk mengidentifikasi lokasi keberadaannya. Konfigurasi berperan untuk memfasilitasi elemen citra tersebut untuk dapat diakses secara visual bagi penggunanya yang dapat dimanfaatkan untuk memerkirakan jarak dan arah.
ABSTRACT
Wayfinding is a process on how people choose a route to reach their destination. The success of wayfinding process depends on how the environment can be readable by its users. This thesis describes about the connection between the role of image and configuration of space related to the function of wayfinding and its strategies. A case study was conducted at a shopping mall to get a better understanding about the role of image and configuration in wayfinding. From the case study it can be concluded that image plays an important role at hinting the users to identify the location. Configuration plays a role to facilitate the elements of image to be visually accessible to its users which can be utilized to estimate the distance and direction.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library