Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Farah Widyanti Worowirasmi
Abstrak :
Merek merupakan salah satu elemen yang penting di dalam dunia Perdagangan, keberadaan merek ditujukan sebagai suatu identitas dari pelaku usaha tertentu. Walaupun demikian dalam pendaftarannya sering kali terdapat kendala yaitu adanya penolakan terhadap merek yang serupa atau sama dengan merek terdaftar padahal pemohon tidak memiliki itikad buruk terhadap pendaftarannya tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut ditemukan adanya konsep perjanjian yaitu Trademark Coexistence Agreement. Walaupun demikian pembahasan atau pengaturan terkait hal ini belum diterapkan di seluruh negara, salah satunya Indonesia. Sebagai pembanding, pada tesis ini akan dibahas mengenai Trademark Coexistence Agreement di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Singapura. Selain itu, tesis ini juga membahas mengenai penggunaan dari Trademark Coexistence Agreement dan pengaruhnya di dalam pendaftaran merek dan bagi kantor merek seperti Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan bagaimana urgensinya di Indonesia. Metode yang digunakan di dalam tesis ini adalah Yuridis-Normatif yang didukung dengan bahan-bahan hukum primer, sekunder, dan tersier, serta menggunakan pendekatan konseptual dan komparatif terhadap hukum merek yang berlaku di negara lain. ......Trademark is one of the important elements in the world of commerce, as it serves as an identity for a particular business entity. However, during its registration, there are often obstacles such as the rejection of similar or identical trademarks, even though the applicant has no malicious intent towards the registration. To address this issue, the concept of a Trademark Coexistence Agreement has been introduced. However, the discussion and regulation regarding this matter have not been implemented in all countries, including Indonesia. As a comparative study, this thesis will discuss the Trademark Coexistence Agreement in several countries such as the United States and Singapore. Furthermore, this thesis also examines the usage of the Trademark Coexistence Agreement and its influence on trademark registration and intellectual property offices such as the Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, as well as its urgency in Indonesia. The method in writing this thesis is juridical-normative research that also been supported by primary, secondary, and tertiary legal materials. This thesis also uses a conceptual and comparative approach to trademark law in other countries.
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Widyanti Worowirasmi
Abstrak :
Merek merupakan salah satu elemen yang penting di dalam dunia Perdagangan, keberadaan merek ditujukan sebagai suatu identitas dari pelaku usaha tertentu. Keberadaan Merek terus berkembang seiring dengan perkembangan indusri, dimana merek tidak hanya terdiri dari Merek yang bersifat Konvensional, namun juga terdapat Merek Non-Konvensional. Salah satu jenis Merek Non-Konvensional yaitu Position Mark (Merek Posisi). Position Mark telah mendapatkan perlindungan di ranah Internasional. Akan tetapi, tidak semua negara melindungi position mark sebagai Merek, dimana Indonesia merupakan salah satu negara yang tidak melindungi position mark sebagai Merek. Sebagai pembanding, pada skripsi ini akan dibahas mengenai Perlindungan position mark di beberapa negara seperti Uni Eropa, Jepang, dan Korea. Selain itu, skripsi ini juga membahas mengenai permasalahan atau kendala di dalam melidungi position mark sebagai merek, seperti ketiadaan daya pembeda, anggapan position mark sebagai dekorasi semata, definisi yang masih rancu, dan permasalahan di dalam Undang-Undang Merek Indonesia, serta urgensi perlindungannya di Indonesia. Metode yang digunakan di dalam Skripsi ini adalah Yuridis-Normatif yang didukung dengan bahan-bahan hukum primer, sekunder, dan tersier, serta menggunakan pendekatan konseptual dan komparatif terhadap hukum merek yang berlaku di negara lain ......Trademark is one of the most important elements in the world of Commerce. The existence of a Trademark is intended as an identity of a certain Business Actor. The existence of Trademark continues to grow along with the development of Industry. Hence, nowadays, Trademark does not only consist of the Conventional one, yet there are also the Non-Conventional ones. One of the types of Non-Conventional Trademarks is Position Mark. Position Mark has received protection in the International scope. However, not all countries protect position mark as a Trademark, where Indonesia is one of the countries that does not protect position mark as a Trademark. As a comparison, this thesis will discuss the protection regarding position mark in several countries, such as The European Union, Japan, and Korea. In addition, this thesis will also discuss the problems regarding position mark protection as a Trademark, such as the lack of distinction, the perception of position mark as mere decoration, ambiguous definitions, and problems in the Indonesian Trademark Law, as well as the urgency of its protection, especially in Indonesia. The method in writing this thesis is juridical-normative research that also been supported by primary, secondary, and tertiary legal materials. This thesis also uses a conceptual and comparative approach to trademark law in other countries
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library