Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fadel Ahmad Zaki
Abstrak :
Salah satu komponen terpenting dalam proses pengiriman impor adalah biaya. Beberapa pengiriman menggunakan multi moda seperti kapal dan truk, pesawat terbang dan kereta api dan lain-lain. Setiap tahun proses pengiriman impor berlangsung di wilayah Jabodetabek. Biaya yang murah merupakan terpenting dalam proses ini. Emisi juga tidak luput dari perhatian. Penelitian ini berfokus pada proses impor dimana pengembalian peti kemas pinjaman yang benar merupakan salah satu hal penting untuk mengurangi biaya tambahan. Pemilihan lokasi pelabuhan dan rute perjalanan darat menjadi hal yang harus diperhatikan karena kondisi wilayah Jabodetabek yang tidak dapat diprediksi dan banyaknya impor yang masuk melalui pelabuhan yang ada dan juga pengurangan emisi menjadi perhatian. Kemudian model optimasi menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan berbagai solusi dan hasil penelitian ini dapat digunakan bagi importir untuk pemilihan moda transportasi, lokasi pelabuhan dan biaya. ......One of the most important components in the import shipping process is cost. Some shipments use multi-mode such as ships and trucks, airplanes and trains and others. Every year the import delivery process takes place in the Jabodetabek area. Low cost is paramount in this process. Emissions have not gone unnoticed either. This study focuses on the import process where the correct return of loan containers is one of the important things to reduce additional costs. The choice of port location and road trip routes is something that must be considered because the condition of the Jabodetabek area is unpredictable and the large number of imports that enter through existing ports as well as reducing emissions are a concern. Then the optimization model becomes a solution to solve this problem with various solutions and the results of this study can be used for importers for the selection of transportation modes, port locations and costs
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadel Ahmad Zaki
Abstrak :
Penguranan hambatan dengan menambahkan larutan aditif telah banyak diteliti. Penambahan sekam padi pada aliran dalam pipa dilakukan dalam penelitian ini. Menggunakan tiga buah pipa yaitu pipa bulat dan dua buah pipa spiral dengan masing-masing P/Do 3.1 dan 7.3. penelitian dilakukan dengan variasi perbedaan konsentrasi sekam padi yaitu 500 ppm dan 1000 ppm. Dari penelitian menunjukan larutan yang diteliti merupakan fluida Newtonian. Hasil menunjukan pengurangan koefisien gesek berbanding lurus dengan jumlah konsentrasi yang dimasukan. Penurunan hambatan pada konsentrasi 500 ppm pada pipa bulat sebesar 0.619 -9.795 terjadi pada aliran turbulen. pada pipa spiral dengan P/Do 3.1. untuk konsentrasi 500 ppm menghasilkan pengurangan hambatan gesek sebesar 3.366 -7.335 . Dan pada konsentrasi 1000 ppm pengurangan hambatan gesek yang didapat adalah sebesar 6.701 - 12.384 . dan pada pipa spiral dengan P/Do 7.3. untuk konsentrasi 500 ppm menghasilkan pengurangan hambatan yang didapat sebesar 4.399 - 10.561 . dan pada konsentrasi 1000 ppm hasil yang didapat hambatan gesek mengalami pengurangan sebesar 5.791 - 15.789.
This thesis examine constraint resistance by adding additive solutions, which is rice husk. It analyze pipe flow friction by using three pipes round pipe and two spiral pipes with each P Do are 3.1 and 7.3. The research uses two variation of rice husk concentration, which are 500 ppm and 1000 ppm. This research also uses Newtonian fluid. The result shows that the reduction of friction coefficient is directly proportional with the amount of concentration included. Drag reduction at 500 ppm concentration in a round pipe occurs 0.619 9.795 in turbulent flow. In P Do 3.1 spiral pipe with 500 ppm concentration, the friction has been reduced by 3.366 7.335 . Meanwhile, the drag reduction obtained in similar spiral pipe with 1000 ppm concentration is 6,701 12,384 . In P Do 7.3 spiral pipe with 500 ppm concentration, the friction has been reduced by 4.399 10.561 . Whereas in similar pipe with 1000 ppm concentration, the friction decreases by 5.791 15.789.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68784
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library