Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Evie Anggriyani
Abstrak :
ABSTRAK
Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di FIK-UI diharapkan akan menghasilkan lulusan yang dapat memberikan perubahan yang lebih baik di bidang keperawatan di tempat kerja. Penerapan KBK menuntut mahasiswa lebih aktif dan mandiri, hal ini yang menimbulkan kecemasan pada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan pada mahasiswa ekstensi FIK UI dalam mengikuti pembelajaran KBK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif terhadap 87 mahasiswa ekstensi secara total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua mahasiswa ekstensi FIK-UI mengalami kecemasan: 86.02% cemas berat, 12.64% cemas sedang dan 1.15% cemas berat sekali (panik). Penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan dalam mengikuti proses belajar dengan KBK perlu dilakukan. Metode pembelajaran yang lebih kondusif dan tidak menimbulkan kecemasan berat bagi mahasiswa juga perlu dirancang oleh dosen FIK-UI.
ABSTRACT
The implementation of implementation Competency-Based Curriculum (CBC) in FIK-UI is expected to the produce a graduates who can provide improvement in the nursing workplace. This implementation demands students to be more active in learning and independent, which cause anxiety in students. The purpose of this study was to determine the anxiety level overview on FIK-UI extension students, in studying by using the CBC. This study examines 87 extensions program students in total sampling. The results indicate that all FIK-UI extensions program students experience anxiety rating from: 86.02% severe anxiety, 12.64% mild anxiety and 1.15% panic. These is a to need conduct further research to explore the factors that cause anxiety in students attending the CBC, and to fine a more conducive method of learning that does not cause severe anxiety for FIK-UI students.
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S42740
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library