Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Erni Asneli Asbi
Abstrak :
ABSTRAK
Fenomena empiris menunjukkan terjadinya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kesehatan. Kondisi ini mempengaruhi perkembangan media sebagai salah satu agen sosialisasi utama. Media dalam hal ini majalah merupakan salah satu alat promosi kesehatan untuk menyosialisasikannya kepada masyarakat dan dapat memberikan pengaruh yang besar dalam penyampaian berita kepada setiap individu pembacanya. Oleh sebab itu perlu kajian sosiologi untuk melihat bagaimana majalah Healthy Life mengkonstruksi perilaku sehat bagi pembacanya. Penulis meminjam pemikiran Berger dan Luckmann untuk menganalisis hasil penelitian melalui dialektika externalisasi, obyektivasi dan internalisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis wacana. Dengan menggunakan framing model Gamson dan Modligiani, penulis mengungkap bagaimana konstruksi yang diciptakan tentang sehat melalui majalah Healthy Life pada rubrik Healthy Trend. Selanjutnya penulis melakukan wawancara mendalam dengan beberapa informan di bagian produksi teks serta konsumen pembaca. Temuan penelitian menunjukkan bahwa konstruksi sehat yang dibangun majalah Healthy Life dalam rubrik Healthy Trend mengutamakan perilaku sehat dalam konsep medis modern. Namun rubrik ini sudah mulai mempromosikan konsep sehat non fisik seperti sehat emosi dan sosial. Konstruksi perilaku sehat tersebut ditujukan kepada segmen perempuan urban menengah ke atas. Lebih lanjut konstruksi yang dibentuk oleh majalah Healthy Life adalah sebagai suatu keadaan dari tidak adanya suatu penyakit pada fisik. Pada proses konstruksi, media membangun kolaborasi dengan aktor-aktor baik individu (dokter, pakar hukum, pakar kesehatan) maupun institusi (SIKIB, Tje Fuk, On Clinic) yang berada di belakangnya.
Abstract
We have observed recently from the empirical phenomenon that there is a vast development of science and technology especially in health care. This development has an impact to mass media as one of the main socialization agents of health care. Mass media, in this case magazine, as one of the promoting agent of health care, can give a big impact to individual reader. Therefore, a social discourse is needed to evaluate how Healthy Life magazine constructs a healthy behavior in the society within a certain frame. The author utilizes Berger and Luckmann?s theory in carrying out the analysis through externalization, objectivation, and internalization dialectics. The method being used for the research is qualitative with discourse analysis as its main analytical method. With Gamson and Modligiani?s framing analytical model, the author reveals how health is being constructed by Healthy Life in its Healthy Trend column. Moreover, the author also carried out deep interviews to the editor and readers. The research found out that the construction of health by Healthy Life in its Healthy Trend column considers that the healthy behavior by the modern medical concept as the most important. However, the column has also promoted the non-physical healthy concept such as emotional and social healthy. This healthy behavior is aimed primarily to the segment of urban female in the middle or higher class. Furthermore, the construction of health being framed by Healthy Life is referring to a condition in the absence of physical illness. In constructing process, this mass media develops a back stage relationships with actors individually such as doctors, law practitioners, health experts, as well as institutionally such as SIKIB, Tje Fuk, and On Clinic.
2012
T29969
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library