Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Eni Susilawati
"
AbstrakTahun 2016 dan 2017 merupakan tahun pertamadan kedua bagi SMP Pesat menerapkan rancangan modelpembelajaran inovatif yang dikembangkan Pustekkom. Namundemikian, belum semua guru menerapkannya dalampembelajaran. Intensitas penerapan model pembelajaraninovatif tersebut masih rendah. Oleh karena itu, perludiobservasi dan dievaluasi penerapannya sebagai bahanmasukan terhadap penyempurnaan model pembelajarantersebut di tahun tahun berikutnya. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui gambaran pelaksanaan penerapan modelpembelajaran inovatif di SMP Pesat Bogor. Penelitian inimenggunakan pendekatan penelitian kuantitatif denganmetode analisis kuantitatif deskriptif. Subyek/Respondenpenelitian ini adalah semua guru SMP Pesat. Pengumpulandata dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi,wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkanbahwa (1) keterlaksanaan penerapan model pembelajaraninovatif melalui pemanfaatan Portal Rumah Belajar secaraoffline dan online di SMP Pesat Bogor, dan (2) dampak positifpenerapan model pembelajaran inovatif dirasakan cukup besarbagi guru, terutama dalam meningkatkan kompetensi TIK nya.Beberapa saran upaya peningkatan kualitas yangberkelanjutan (continuous quality improvement) dalampenerapan model pembelajaran ini antara lain adalah (1)peningkatan jumlah guru dan siswa yang terlibat dalampenerapan model pembelajaran, (2) peningkatan kualitasaplikasi Portal Rumah Belajar secara keseluruhan, baik darisisi kemasan fitur, konten maupun media yang tersedia agarlebih mudah diakses dan dimanfaatkan guru dan siswa, (3)peningkatan kompetensi TIK guru, (4) peningkatan dukungansarana prasarana TIK dan internet di sekolah, dan (5) kesiapansiswa dalam memanfaatkan Portal Rumah Belajar padakegiatan pembelajaran di kelas."
Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, KEMENDIKBUD, 2019
371 TEKNODIK 23:1 (2019)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Eni Susilawati
"
ABSTRAK Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis dampak keikutsertaan diklat online TIK guru Belajar terhadap peningkatan jumlah aksebilitas konten pembelajaran pada fitur-fitur rumah belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode analisis kuantitatif secara deskriptif untuk bisa menggambarkan bagaimana peningkatan aksesbilitas fitur-fitur rumah belajar dan pemanfaatannya dalam pembelajaran di sekolah. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah semua peserta diklat online pada 15 lokasi diklat online yang telah dilaksanakan oleh Pustekkom pada tahun 2015 dan 2016. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan daftar pertanyaan terbuka sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peserta diklat online TIK Guru, setelah mengikuti diklat online Pustekkom, menjadi lebih termotivasi untuk mengakses fitur-fitur lainnya dalam Rumah Belajar; 2) Urutan prosentase tingkat intensitas aksesbilitas terhadap fitur-fitur Rumbel selain Pengembangan Keprofesian berkelanjutan (PKB) adalah: Sumber Belajar 23%, Buku Sekolah Elektronik (BSE) 23%, Bank Soal 21%, Kelas Maya 13%, Lab Maya 6%, Karya Guru 4%, Wahana Jelajah Angkasa 4%, Peta Budaya 4% dan Karya Komunitas 2%; dan 3) diklat online TIK menggunakan aplikasi PKB. Rumah belajar bisa dijadikan referensi bagi upaya pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis web, khususnya bagi pengembangan portal Rumah Belajar milik Pustekkom Kemendikbud."
Tangerang: LPPM Universitas Terbuka, 2018
370 JPE 19:2 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library