Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eldo Novan Pratama
Abstrak :
Menggambarkan bagaimana meme politik yang viral di media sosial Twitter melalui tiga dimensi dan faktor penyebaran konten apa saja yang muncul dalam meme politik viral di media sosial Twitter pada saat demonstrasi mahasiswa pada September 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content). Data yang dianalisis adalah dari hasil dokumentasi lapangan pada media Twitter. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa meme mengandung tiga dimensi, yang mana setiap meme memiliki karakteristik dimensinya masingmasing. Viralnya sebuah meme dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya ialah enam faktor konten viral yang dikemukakan oleh Shifman (2014). Setiap meme pasti memiliki dua atau lebih faktor tersebut. Faktor positivity (humour) merupakan salah satu faktor yang sangat digemari dan dapat menjadi hal krusial dalam membantu penyebaran meme tersebut. Selain itu, setiap meme juga memiliki fungsi komunikasinya masing-masing yang dapat membantu bagaimana meme tersebut dapat diterima baik dalam masyarakat. Meme yang viral juga bisa dibuat oleh akun yang memiliki pengikut yang sedikit
Describes how viral political memes on Twitter social media through three dimensions and what content distribution factors appeared in viral political memes on Twitter social media during student demonstrations in September 2019. This study uses a qualitative approach with content analysis methods. The data analyzed is from the results of field documentation on Twitter media. From the results of this study, it is known that memes contain three dimensions, where each meme has its own characteristic dimensions. The virality of a meme is influenced by several factors, including the six factors of viral content stated by Shifman (2014). Every meme has two or more of these factors. The positivity (humor) factor is one factor that is very popular and can be crucial in helping the spread of these memes. In addition, each meme also has its own communication function which can help how the meme can be well received in society. Memes that are viral can also be created by accounts that have a small following
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library