Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Dreda Gabriella Suparman
"Lonjakan penggunaan Shopee Pay Later (SPayLater) di kalangan mahasiswa mencerminkan pergeseran perilaku konsumsi yang signifikan di era digital. Di balik kemudahannya, layanan ini menyimpan risiko tersembunyi, terutama bagi mahasiswa yang terdorong oleh gaya hidup konsumtif dan minimnya kontrol keuangan sehingga dapat mendorong perilaku pembelian kompulsif. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menguji hubungan materialisme dan sikap terhadap uang dengan pembelian kompulsif secara daring pada mahasiswa pengguna SPayLater. Penelitian ini terdiri dari 117 mahasiswa berusia 18-25 tahun yang menggunakan SPayLater selama 3 bulan terakhir. Dalam menganalisis hasil, penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dimana ditemukan bahwa materialisme dan sikap terhadap uang secara simultan memiliki hubungan terhadap pembelian kompulsif (R² = .434, CI 95% [0.294, 0.573], p < .01). Temuan ini menegaskan bahwa faktor psikologis internal memiliki peran penting dalam mengarahkan perilaku konsumsi mahasiswa di era digital. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan edukasi finansial yang lebih adaptif bagi mahasiswa, sekaligus memperkaya literatur psikologi konsumen terkait penggunaan layanan pay later.
The surge in the use of Shopee PayLater (SPayLater) among university students reflects a significant shift in consumption behavior in the digital era. Behind its convenience, this service holds hidden risks, especially for students driven by a consumptive lifestyle and a lack of financial control, which can lead to compulsive buying behavior. This quantitative study aims to examine relationship between materialism and attitudes toward money with compulsive buying among university students who use SPayLater. The study involved 117 students aged 18–25 who had used SPayLater in the past 3 months. In analyzing the results, this study used multiple regression analysis, where it was found that materialism and attitudes toward money simultaneously have an influence on compulsive buying (R² = .434, CI 95% [0.294, 0.573], p < .01). These findings affirm that internal psychological factors play a significant role in directing student consumption behavior in the digital age. This study is expected to serve as a basis for developing more adaptive financial education for students, while also enriching the consumer psychology literature related to the use of pay later services."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library