Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dinda Putri Hapsari
Abstrak :
ABSTRACT
Penelitian ini mendiskripsikan proses difusi inovasi dalam penerapan Knowledge Management dengan melihat elemen-elemennya yaitu penerapan KM sebagai inovasi, pemanfaatan saluran-saluran komunikasi, waktu dan sistem sosial, pada organisasi non-profit yang memberlakukan aktifitas/program KM secara tidak wajib. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif etnografis pada organisasi non-profit di Jakarta yang merupakan tempat peneliti bekerja saat waktu penelitian. Penelitian ini menjelaskan dan menggambarkan melalui pengamatan berperan serta, bagaimana aktivitas/program KM disampaikan kepada penerima yaitu staf/unit kerja melalui saluran komunikasi dengan tahapan keputusan inovasi dalam organisasi TNP2K. Penelitian ini menjelaskan saluran komunikasi yang digunakan dalam proses difusi penerapan KM serta menggambarkan secara rinci tahapan keputusan staf pada aktifitas KM dengan menjelaskan sikap-sikap yang diamati pada tahap pengetahuan, persuasi, keputusan, konfirmasi dan keberlanjutan sehingga peneliti dapat mengidentifikasi sikap menerima dan menolak aktiftas/program KM. Penelitian ini juga menjelaskan apa saja yang menjadi variabel yang berpengaruh terhadap tahapan difusi penerapan KM yang dikaitkan dengan temuan Rogers yaitu Karakteristik Aktifitas/Program KM, Jenis Keputusan pada Tahapan Difusi Penerapan KM, Saluran Komunikasi Penerapan KM, Kondisi Sistem Sosial di TNP2K dan Peran Agen Perubah.
ABSTRACT
This study describes the process of diffusion of innovation in Knowledge Management Implementation by observes its elements, which are the KM Implementation as an innovation, the use of communication channels, time and social system, which KM activity/program are not mandatory in the organization. This study used a qualitative ethnographic method on a non-profit organization in Jakarta, a place where researchers work during the research. This study describes and illustrates through participant observation, how the KM activity / program delivered to the recipient that are staff / work units through a communication channel with the stages in the innovation decision in TNP2K. This study describes the communication channels used in the diffusion process of the KM implementation and describes in detail the stages of decision-staff on KM activities by explaining attitudes were observed in stages of knowledge, persuasion, decision, confirmation and sustainability so that researchers can identify the attitude of accepting and rejecting of KM activity/program. This study also describes what are the variables that affect the diffusion of KM implementation associated with Rogers‟ findings which are characteristics of KM Activity / Program, Decision type on Diffusion Stages of KM implementation, Communication Channels, Conditions of Social Systems in TNP2K and the agents of change role.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41840
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Putri Hapsari
Abstrak :
Penelitian ini mengambil judul: Kepuasan Siswa Terhadap Koleksi dan Layanan Perpustakaan International School of Bogor. Masalah yang dimunculkan pada penelitian ini adalah: bagaimana kepuasan siswa mulai dari jenjang SD hingga SMP terhadap koleksi dan layanan perpustakaan ISB, apakah ada perbedaan kepuasan antara siswa tiap tingkatan terhadap koleksi dan layanan perpustakaan ISB. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif dengan menggunakan pendekatan survei pendapat umum. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa grade l hingga grade 8 (SD - SMP) di ISB. Ha! ini dimaksudkan untuk melihat gambaran secara umum terhadap topik yang diteliti. Pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner terhadap 49 responden, serta didukung oleh wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan siswa terhadap koleksi dan layanan Perpustakaan ISB adalah memuaskan. Namun, hasil tersebut tidak mutlak sehingga masih ada siswa yang tidak puas terhadap koleksi dan layanan perpustakaan. Dengan demikian perlu ditingkatkan kualitas koleksi balk dari segi kelengkapan, keterkaitan, ketepatan dan kemutakhiran. Serta layanan yang perlu ditingkatkan baik dari segi kecepatan, kemudahan, kelengkapan dan kemampuan pustakawan. Selain itu, terdapat perbedaan kepuasan yang dinyatakan siswa tingkat SD dan SMP pada setiap indikator. Dengan demikian perlu diperhatikan kebutuhan koleksi dan layanan dari setiap tingkatan siswa.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15217
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library