Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Cut Rullyani
Abstrak :
Severe plastic deformation (SPD) adalah metode yang digunakan untuk memperoleh baja dengan sifat mekanis yang baik tanpa penambahan microalloyed. Perubahan struktur mikro setelah SPD akan meningkatkan sifat mekanis material dengan penghalusan ukuran butir. Pada penelitian ini digunakan baja karbon AISI 1010 yang di proses menggunakan metode Thermo-Mechanical Control Process (TMCP) dengan pemanasan awal hingga 1100 °C dan pengerolan pada temperatur 650 °C dengan variasi deformasi double pass rolling dan pendinginan udara. Pengamatan struktur mikro menggunakan teknik metalografi dengan etsa nital 2% dan 5%. Pengukuran ukuran butir dengan metode Jeffries sesuai ASTM E-112-96 dan uji kekerasan dengan metode Vickers. Uji korosi menggunakan metode polarisasi dalam larutan NaCl 3,5% sesuai ASTM G5 dan hydrogen charging test. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari struktur mikro dan kekerasan baja karbon rendah setelah proses severe warm plastic deformation dan ketahanan korosinya terhadap NaCl dan Hydrogen Induced Cracking.
Severe plastic deformation (SPD) is one method used to get steel with excellence mechanical properties without micro alloyed addition. The structural changes caused by SPD are reflected in improved mechanical properties of metals especially hardness and yield stress by converting coarse grain to ultrafine grained. In this research used low carbon steel AISI 1010 treated with Thermo-Mechanical control process (TMCP) consist of reheating until 1100°C and double pass reverse rolling on 650°C with variation of deformation and air cooling. Metallographic technique implemented in order to observe the final microstructure and 2% and 5% nital etch used to observe final ferrite size and morphologies. Grain size measured using Jeffries methods according to ASTM E 112. Hardness test used Vickers method. Corrosion test worked out using polarisation with NaCl 3,5% as per ASTM G5 and Hydrogen charging test. The main objective of this research is to studying morphology of microstructure and hardness of low carbon steel after severe warm plastic deformation and the corrosion resistance to NaCl and Hydrogen Induced Cracking.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
T27596
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Cut Rullyani
Abstrak :
Dalam perencanaan material untuk konstruksi kapal diperlukan metode perhitungan yang seakurat mungkin untuk menekan jumlah material yang terbuang. Di Indonesia, literatur yang berkaitan dengan perhitungan berat konstruksi kapal masih sangat sedikit. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu penelitian untuk membuat rumusan untuk menghitung berat konstruksi. Pada penelitian ini digunakan sampel kapal dengan tipe konstruksi yang identik yaitu kapal coaster dengan konstruksi well decker. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data di beberapa galangan yang pernah membangun kapal tipe coaster. Analisis dan studi optimalisasi yang dilakukan bertujuan untuk menghitung nilai coefisien kapal tipe coaster dan membuat rumus pendekatan untuk menghitung berat konstruksi kapal tipe coaster 200 ? 1000 DWT.
Planning material for ship construction need accurate calculation method to reducing waste material. In Indonesia, literature related to ship contruction weight very limited. Hence, it is important to do a research to make equations or formulas for calculating steel weight in ship construction. his research use identic sample with well decker construction. Method used are collecting file from many shipyard had build coaster. Analize and optimize study in order to calculate coefficient for coaster type and make new equations to estimate ship construction weight for coaster 200 until 1000 DWT.
Depok: [Fakultas Teknik Universitas Indonesia;, ], 2007
S38070
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library