Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cahya Ayu Agustin
Abstrak :
This study aimed to investigate dominant factors associated with exclusive breastfeeding practice of mothers with infants aged under 6 months during the COVID-19 pandemic in Indonesia. A cross sectional study through online survey was conducted among mothers with infant aged under 6 months in Indonesia during 2 November 2020 – 8 February 2021. Chi-square/Fisher test was used to analyse the association between each factor with current exclusive breastfeeding practice. Multiple logistic regression test used to determine the dominant factors for exclusive breastfeeding practices. Most of the subjects was aged 18-34 years old (90.7%), has high education level (86.7%), categorized as middle-high household income level (87.1%), living in Java Island (83.1), has infant aged ≤ 4 months (76.2%), has male infant (51.2%). The proportion of subjects who exclusively breastfeed was 79.0%. Factors that significantly associated with exclusive breastfeeding practices during COVID-19 pandemic in Indonesia were household income level [OR= 2.6; 95%CI (1.194 – 5.839)], marital status [OR=4.9, 95%CI (3.842 – 6.301)] and breastfeeding intention [OR=12.8; 95%CI (3.906 – 42.459)]. Multivariat analysis results showed that dominantly associated with exclusive breastfeeding during COVID-19 pandemic was breastfeeding intention [aOR=17.3; 95%CI (4.222 – 71.069), followed by household income level [aOR=4.2; 95%CI (1.550 – 11.741)] and infant’s age [aOR=2.4; 95%CI (1.116 – 5.243)]. Mothers with breastfeeding intention since pregnancy had 17.3 higher odd of exclusive breastfeeding practice than mothers who had not intention to breastfeeding. Mothers should be prepared and planned to exclusive breastfeeding during prenatal periode. Future analyses of the survey data are needed to explore more about mother’s experiences change, such as everyday lifestyle, finances, access and utilization in healthcare services, especially in the extend period of pandemic. Furthermore, knowledge, awareness, attitude or others individual/internal factors associated with exclusive breastfeeding decision are needed to be assessed to get more comprehensive results. ......Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dominan yang berhubungan dengan praktik pemberian ASI eksklusif pada ibu dengan bayi berusia di bawah 6 bulan selama pandemi COVID-19 di Indonesia. Studi potong lintang melalui survei daring dilakukan pada ibu dengan bayi usia di bawah 6 bulan di Indonesia selama 2 November 2020 - 8 Februari 2021. Chi-square/Fisher-test digunakan untuk menganalisis hubungan antara masing-masing faktor dengan praktik pemberian ASI eksklusif. Uji regresi logistik ganda digunakan untuk mengetahui faktor dominan praktik ASI eksklusif. Sebagian besar subjek berusia 18-34 tahun (90,7%), berpendidikan tinggi (86,7%), tergolong berpenghasilan menengah ke atas (87,1%), tinggal di Pulau Jawa (83,1), memiliki bayi berusia ≤ 4 bulan (76,2%), dan memiliki bayi laki-laki (51,2%). Proporsi subjek yang menyusui secara ekslusif adalah sebesar 79.0%. Faktor yang berhubungan secara signifikan dengan praktik pemberian ASI eksklusif selama pandemi COVID-19 di Indonesia adalah tingkat pendapatan rumah tangga [OR = 2,6; 95% CI (1,194 - 5,839)], status perkawinan [OR = 4,9, 95% CI (3,842 - 6,301)] dan niat menyusui [OR = 12,8; 95% CI (3,906 - 42,459)]. Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa factor dominan pemberian ASI eksklusif selama pandemi COVID-19 adalah niat menyusui [aOR = 17,3; 95% CI (4.222 - 71.069), diikuti tingkat pendapatan rumah tangga [aOR = 4.2; 95% CI (1.550 - 11.741)] dan usia bayi [aOR = 2.4; 95% CI (1.116 - 5.243)]. Ibu yang memiliki niat untuk menyusui sejak kehamilan berpeluang 17,3 lebih besar memberikan ASI eksklusif dibandingkan ibu yang tidak berniat menyusui. Ibu harus mempersiapkan dan merencanakan pemberian ASI eksklusif sejak periode prenatal. Analisis data survei lebih lanjut diperlukan untuk menggali lebih dalam tentang perubahan pengalaman ibu, seperti gaya hidup sehari-hari, keuangan, akses dan pemanfaatan layanan kesehatan, terutama pada periode pandemi selanjutnya. Selain itu, pengetahuan, kesadaran, sikap atau faktor individu / internal lain yang terkait dengan keputusan pemberian ASI Eksklusif perlu dikaji untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cahya Ayu Agustin
Abstrak :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pemberian ASI, stimulasi psikososial, karakteristik anak, karakteristik keluarga, berat lahir dan status gizi (TB/U) dengan kemampuan kognitif anak prasekolah di Depok tahun 2013. Desain penelitian yang digunakan adalah cross-sectional dengan subjek anak usia 5 - 6 tahun pada TK terpilih yang telah mengadakan tes kognitif Weschler Preschool and Primary Scale of Intelligence (WPPSI). Penelitian dilakukan pada bulan April - Mei 2013. Rata-rata nilai IQ sampel sebesar 104,1 poin. Hasil uji statistik menunjukkan hubungan yang bermakna antara durasi pemberian ASI dengan kemampuan kognitif (p = 0,030), dengan rata-rata nilai IQ 104,84 poin pada subjek dengan durasi ASI ≥ 12 bulan dan 102,26 poin pada subjek dengan durasi ASI < 12 bulan. Stimulasi psikososial juga berhubungan secara bermakna dengan kemampuan kognitif (p = 0,002). Rata-rata nilai IQ subjek dengan stimulasi psikososial yang baik sebesar 105,59 poin dan pada subjek dengan stimulasi psikososial yang kurang sebesar 102,30 poin. Hubungan yang bermakna juga terdapat pada urutan kelahiran dan kemampuan kognitif (p = 0,046). Anak pertama dan kedua memiliki rata-rata nilai IQ sebesar 104,71 poin, sedangkan anak ketiga atau lebih sebesar 102,00 poin. Tidak terdapat hubungan yang bermakna pada pemberian ASI eksklusif, jenis kelamin, pendidikan ibu, pekerjaan ibu, pendapatan keluarga, berat lahir dan status gizi (TB/U). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin lama pemberian ASI dan semakin baik stimulasi psikososial yang diterima anak, semakin baik kemampuan kognitif pada anak tersebut. ......The purpose of this study to determine the relationship of breastfeeding, psychosocial stimulation, child characteristics, family characteristics, birth weight and nutritional status (HAZ) with the cognitive abilities of preschool children in Depok, 2013. The study design is cross-sectional with the subject children aged 5- 6 years in some selected kindergarten which have held cognitive tests Weschler Preschool and Primary Scale of Intelligence (WPPSI). The research was conducted in April-May 2013. The average IQ score of 104.1 points on the sample. Statistical test results showed a significant association between duration of breastfeeding with cognitive ability (p = 0,030), with an average IQ score 104.84 points in subjects with breastfeeding duration ≥ 12 months and 102.26 points in subjects with breastfeeding duration <12 months. Psychosocial stimulation also significantly associated with cognitive ability (p = 0,002). The average IQ scores of subjects with good psychosocial stimulation of 105,59 points and in subjects with less psychosocial stimulation of 102,30 points. Significant association was also found in the birth order and cognitive abilities (p = 0,046). The first and second children had an average IQ score of 104.71 points, while the third child or more by 102.00 points. There was no significant association on exclusive breastfeeding, sex, maternal education, maternal occupation, family income, birth weight and nutritional status (HAZ). Results of this study showed that the longer breastfeeding and the better received psychosocial stimulation of children, the better the child's cognitive abilities.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
S47467
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library