Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Auvia Yufial Muna
Abstrak :
Penelitian ini membahas iklim komunikasi organisasi pada masa pandemic COVID-19 di Perpustakaan Umum Kab Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui iklim komunikasi yang ditinjau berdasarkan lima dimensi iklim komunikasi dan alur komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan pada Maret 2021 hingga Mei 2021 dengan metode observasi, wawancara mendalam dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklim komunikasi organisasi pada masa pandemic COVID-19 di perpustakaan sangat didukung oleh keterbukaan dan keterusterangan (tidak ada yang ditutup-tutupi antar pegawai, semua berlangsung secara transparan dan terbuka), dukungan (pimpinan selalu mengajak diskusi bawahannya untuk mengevaluasi atau sekadar bertanya progress hingga kendala di lapangan), partisipasi dalam pembuatan keputusan (melibatkan semua pihak terutama yang menyangkut program kerja di lapangan). Hanya saja kurang didukung oleh kepercayaan (masih ada beban pekerjaan diberikan pada orang tertentu yang lebih dipercaya oleh pimpinan) dan tujuan kinerja tinggi (semua anggota mengupayakan tercapainya tujuan kinerja, hanya saja belum adanya poster tercetak di gedung perpustakaan untuk sekadar pengingat dan memotivasi pegawainya). Hasil penelitian ini juga menunjukkan perubahan praktik kerja di masa pandemi tidak mengubah cara penyampaian pesan dalam komunikasi organisasi di perpustakaan, semua pegawai yang bekerja dari rumah akan dipanggil ke kantor jika diperlukan membahas pekerjaan/berdiskusi. ......This research discussed organizational communication climate during the COVID-19 period of Cirebon Regency Public Library. The purpose of this research was to understand the communication climate of the library based on five dimensions of communication climate by Redding and also communication flow. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data was collected from March 2021 until May 2021 by observation, in-depth interviews, and document analysis. The results indicated that the organizational communication climate during the COVID-19 pandemic in the Cirebon Regency Public Library is strongly supported by openness and sincerity (nothing is hidden between employees, everything happens transparently and openly), supportiveness (the leader always invite his subordinates to discuss the evaluation or simply ask about progress and obstacles in their work), and participation in decision making (it always involve all parties, especially the technical issues involved in field work program). However, the library’s communicational climate is less supported by trust from leader (there is still a workload given to certain people who are more trusted by the leader) and high performance goals (all members strive to achieve
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library