Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aulia Agus Iswar
"Tesis ini membahas tentang layanan publik yang ada di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Salemba. Pembahasan meliputi regulasi, tata kelola layanan, dan kualitas layanan itu sendiri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kepuasan pengguna yang dikemukakan oleh Kotler. Metode yang digunakan adalah LibQual dengan menyebar kuesioner ke 150 responden dengan 22 butir pernyataan. Metode LibQual ini terdiri dari 3 dimensi yang menjadi parameter kualitas layanan, yaitu dimensi affect of service (kemampuan pustakawan), dimensi information control (kemudahan akses informasi), dan dimensi library as place (perpustakaan sebagai sebuah tempat).
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan atau memaparkan variabel yang menjadi objek penelitiannya. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari dua sumber yaitu data primer yang diperoleh melalui angket metode simple random sampling dengan jumlah responden 150 orang, dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara dengan pihak pengelola Perpustakaan Nasional RI, observasi di lapangan, serta studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Undang-undang tentang perpustakaan sudah ada meskipun belum sampai pada Peraturan Pemerintah. Meskipun begitu, Perpusnas terus berusaha meningkatkan kualitas layanannya. Hasilnya, pengguna Perpustakaan Nasional RI telah merasa puas terhadap kualitas ruang layanan, keandalan staf, dan akses informasi yang ada.

This thesis study public service in National Library of Republic of Indonesia, Salemba. This studying encourage regulation, service organization, and quality service itself. This one use customer satisfaction theory issued by Kotler. Use LibQual methode by sharing quetionairs to 150 respondens within 22 statements. This methode contains 3 dimensions that become service quality parametres : affect of services (librarian?s attitude & skill), information control (information access amenity) and library as a place.
This research use descriptive approache that describes its research object. Data has taken from 2 sources : primary data that reached by quetionairs with simple random sampling methode to 150 respondens, and secondary data that reached by interview, observation and literature study. This research informs that Act of National Library has not Government Ordinance. Nevertheless, National Library of Republic of Indonesia has been attempting to enhance their services quality. The result, users are satisfied with service quality that courage library room, librarian?s attitude and skill and information access amenity."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Agus Iswar
"Penelitian mengenai manajemen perpustakaan pesantren ini telah dilakukan pada bulan September 2007 hingga April 2008 di Pesantren Darun Najah, Ulujami, Jakarta Selatan, terhadap 3 (tiga) orang informan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah manajemen perpustakaan pesantren di Pesantren Darun Najah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap informan, observasi lapangan, dan kajian dokumen. Perpustakaan merupakan salah satu perangkat penting bagi dunia pendidikan, khususnya pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Pesantren Darun Najah telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Begitu pula dengan unsur-unsur manajemen, seperti manusia, dana, fasilitas, koleksi, metode, dan pasar dalam manajemen perpustakaan telah tersedia. Manajemen perpustakaan yang dilakukan secara profesional pada Perpustakaan Pesantren Darun Najah dapat membantu pencapaian visi dan misi Pesantren Darun Najah. Permasalahan yang ada pada Perpustakaan Pesantren Darun Najah adalah pelaksanaan manajemen perpustakaan yang tidak optimal karena tidak seluruhnya sesuai dengan teori manajemen perpustakaan. Pemanfaatan fungsi manajemen yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan sudah ada, tapi belum optimal, karena belum seluruhnya sesuai dengan teori manajemen perpustakaan. Unsur manajemen yang mencakup manusia, dana, fasilitas, koleksi, metode, dan pasar sudah tersedia, tapi juga belum optimal, karena belum seluruhnya sesuai dengan teori manajemen perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S15418
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library