Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Atiek Nur Hidayati
Abstrak :
Penelitian ini bermaksud mengetahui dan memahami mediasi seperti apa yang diterapkan oleh orangtua pada anak pengguna gadget. Teori Mediasi Orangtua digunakan untuk melihat bagaimana orangtua menerapkan mediasi aktif, restriktif dan co-viewing pada anak pengguna gadget. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan paradigma postpositivisme. Wawancara mendalam dilakukan pada orangtua dari anak umur 3-5 tahun yang tinggal di daerah perkotaan. Terkait dengan teori, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media yang paling sering di konsumsi anak setelah televisi adalah gadget. Hal ini terkait dengan kondisi sosial budaya serta status ekonomi masyarakat perkotaan. Dalam penerapan strategi mediasi pada anak pengguna gadget, orangtua melakukan kombinasi dari mediasi aktif, restriktif dan co-viewing yang ditentukan oleh perhatian utama orangtua (parental concern). Selain itu, ditemukan juga mediasi participatory learning dimana anak dan orangtua belajar bersama mengenai konten media yang ada dalam gadget
ABSTRACT
This study is to find and understand what mediation adopted by parents in children gadget users. Parental Mediation Theory used to see how parents implement active mediation, restrictive and co-viewing in children gadget users. This study is a qualitative research with a postpositivism paradigm. In-depth interviews were conducted with parents of children aged 3-5 years who live in urban areas. Associated with the theory, the results of this study indicate that the media most often in children after television consumption is gadgets. It is related to the socio-cultural conditions and economic status of urban communities. In the application of mediation strategies in children gadget users, parents do a combination of active mediation, restrictive and co-viewing is determined by the primary concern of parents (parental concern). In addition there are also mediating participatory learning where children and parents learn together about the existing media content in the gadget.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42132
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library