Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rahadhi Arif Rachman
"Peningkatan kualitas pendidikan dasar di Indonesia merupakan tantangan yang tidak akan habis-habisnya. Salah satu kunci suksesnya transfformasi menuju masyarakat yang adil dan makmur sangat ditentukan oleh proses pendidikan dan kualitas pendidikan. Saat ini terjadi transisi masyarakat industri ke masyarakat informasi di dorong dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi. Hal ini ditandai dengan terjadinya konvergensi yaitu integrasi mass media ,komputer dan telekomunikasi ke dalam satu teknologi dan institusi. Dengan adanya Internet maka telah tercipta jaringan komputer keseluruh dunia untuk komunikasi elektronik. Dengan munculnya internet akan berdampak pada bagaimana orang berkerja dan mengambil keputusan. Pertukaran informasi menjadi sangat cepat dari suatu daerah ke daerah yang lain yang jauh. Maka dapat disebutkan bahwa abad yang baru ini disebut dengan abad Informasi. Penggunaan Internet untuk keperluan pendidikan pada tingkat SMU masih rendah namun yang sangat menarik adalah sebagian besar pengguna Internet di Indonesia berasal dari kalangan remaja.
Peneliti ingin mencari faktor-faktor apa saja yang membentuk persepsi siswa untuk mempergunakan Internet untuk belajar. Sebelumnya telah diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi adalah atensi, faktor struktural dan faktor fungsional, dengan mempergunakan faktor analysis faktor-faktor tersebut akan direduksi menjadi faktor-faktor yang lebih kecil. Penelitian mengambil setting Sekolah Menengah Umum yang berada di wilayah DKI Jakarta. Sebanyak tiga puluh satu SMU dipilih menjadi tempat penelitian dengan jumlah responder seratus lima puluh orang siswa.
Setelah dilakukan analisis dengan mempergunakan faktor analysis, dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa ada satu faktor yang membentuk persepsi siswa SMU untuk mempergunakan Internet untuk belajar yaitu faktor pembentuk persepsi siswa untuk mempergunakan Internet untuk belajar dimana terdapat variabel I)persepsi terhadap stimuli kemudian 2) variabel sosiopsikologis 3)Pengaruh kebutuhan, 4) Suasana emosional, 5) Kesiapan mental, 6) Latar belakang budaya, 7)Konteks menentukan makna, 8) Prinsip kesamaan (principles of similarity).

Several Factor that form High School Student Perception to use Internet for Learning Purposes in DKI JakartaAn effort to elevate the quality of education in Indonesia is a never-ending challenge. Two of the success keys in the transformations to a prosperous and just society are determent by educational process and the quality of education. Today the transformation from industrial society to information society is pushed by the rapid development in technology. This transformation is marked by the convergences, which is the integration of mass media, computer and telecommunication into one technology and institution basis. Today with Internet there is a computer network to all over the world for electronic communication purposes. Internet will give an impact to how people work and make a decision. Information exchange will be a lot faster from place to place even in the far distance. We called today is the information age.
In Indonesia the use of Internet for academic and learning purposes in high school is still very low, but interestingly is the most of Internet user in Indonesia come from teenagers age groups. The researcher wants to find what is the factors that form student's perception to use Internet for learning purposes. Before the research takes place the researcher already identified several factors that influences perception, which are attention, structural factor and functional factor. By using factor analysis those factors are going to be reduced into smaller groups factor. The research took place in the province of DKI Jakarta. Thirty-one high schools are randomly selected for the research with total of hundred and fifty student's respondents.
After the analysis conducted (using factor analysis). The output from this research was the reduction of many factors into one factors that influences student's perceptions for using Internet for learning purposes. The factor is factor that form student perception to use Internet for learning purposes, which contains several variables, the first variable 1) perception towards stimulation. The second variable is 2) sociopsychologis. The third variable is 3) Needs influences, the forth variable is 4) State of Emotional, The fifth variable is 5) Mental readiness, the sixth variable is 6) Cultural background. The seventh variable is 7) Frame of References. The eighth variable is principles of similarity.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T12198
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Rachman
"Dalarn penelitian ini mengkaji sccara spesiiik dan mencari pemecahan
terhadap masalah kcbijakan dan implernentasi program diklat manajemen proyek
yang dilaksanakan di lingkungan Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.
.Tenis pcnclitian yang digunakan dengan metode deskriptif analids dengan
mcmanfaatkan data hasil monitoring dan evaluasi diklat rnanajemen proyek serta
pcnyebaran kuesioner terhadap [20 responden (sampcl pcnelitian).
Hasil analisis kebumhan diklat yang dilakukan melalui penjaringan
informasi dari peserta dan pihak-pihak yang terkait diperoleh bahwa struktur
kurikulum Dildat Manajcmcn Proyek yang perlu mendapat penyempurnaan, beberapa
materi pelajaran baru yang perlu dikembangkan antara lain: pctunjuk pelaksanaan UU
Nomor 22 Tahun 1999 dan UU Nomor 25 Tahun 1999, organisasi proyek, teknik
pengendalian proyek serta teknik pelaporan. Dari hasil analisis terhadap 120 responden (sampel penelitian) secara
signifikan menunjukkan adanya manfaat diklat rnanajemeu proyek bagi calon
pimpro/pimpro yang dapat dikategorikan dalam kdteria bermanfaat (66,6%), hasil
penjaringan data terhadap pengelolaau diklat menunjukkan bahwa masih pcrlu
dilakukan peningkatan pada aspek pelayanan dan penyediaan fausilitas iisik. Hal ini
ditunjukkan dari prosentasi tanggapan responden dalam 40 % dalam kategori tidak
memuaskan dan kurang memuaskan.
Menyangkut keberhasilan penyelenggaraan diklat manajemen proyek
yang mencakup aspek peserta dildagtenaga pengajar'materi/bahan/ lcurikulum, sarana,
metode pendekatan serta pemanfaatan lingkungan memmjukkan kelompok kategoli
tidak berhasil dan kurang berhasil adalah 80 responden (66,6%), sehingga Badan
Dik1atDEPDAGRI masih perlu melakukzm penyempumaan tcrhadap program diklat
lebih lamul.
Dari hasil pemeriksaan BPKP terhadap pengendalian proyek
mcnunjukkan perubahan dan peningkatan kcmampuan para pemimpin proyek,Ha1 ini
menunjukkan dampak diklat mauajemen proyek telah membelikan kontrlbusi yang
baik dalam meningkatkan wawasan pengetahuan, sikap dan ketcrampilan para pimpro
dan pimbagpro di jajaran DEPDAGR1 dan PEMDA, namun dalam implementasi
program diklat di masa yang akan datang masih perlu ditingkatkan dan
dikembangkan"
Lengkap +
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000
T6329
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Rachman
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S35085
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library