Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aria Sakti Handoko
"Skripsi ini mengaji keragaman pembelajaran petani Klub Pengukur Curah Hujan Indramayu (KPCHI) yang melakukan kegaitan pembelajaran agrometeorologi dalam Warung Ilmiah Lapangan (WIL). Pembelajaran agrometeorologi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petani dalam menanggapi konsekuensi perubahan iklim. Pembelajaran ini mendorong petani untuk melakukan pengukuran curah hujan dan pengamatan agroekosistem harian agar dapat mengantisipasi kemungkinan di masa depan dalam menghadapi fenomena perubahan iklim. Melalui skema-antisipasi dalam kognisinya ,petani melakukan pengayaan pengetahuan dan pengambilan keputusan untuk mewujudkan tindakan yang perlu dilakukan. Namun, tidak semua pengukur curah hujan memiliki akses pengambilan keputusan di sawah pengamatan karena faktor kepemilikan lahan. Hal itu menghasilkan keragaman dalam proses belajar agrometeorologi di antara mereka. Perbedaan dalam proses belajar dengan atau tanpa praktik pengambilan keputusan itu memegaruhi mekanisme umpan balik ke dalam pengetahuan, pemahaman, dan praktik mereka dalam bercocok tanam.

This manuscript examines the variety of learning activities among members of Indramayu Rainfall Observer Club (Klub Pengukur Curah Hujan Indramayu [KPCHI]) with regards to the agrometeorology learning in Science Field Shop (SFS). The aim of this learning is to encourage farmers? ability to respond better to the consequences of climate change. In SFS the farmers learn to measure of rainfall and to observe their rice fields agroecosystem daily to enable them anticipating future conditions of climate change. The anticipation-schema enriched farmers? knowledge and became a basis to make decision. However, not all of the rainfall observers be able to access decision making on their observations because of not their own land. That is produce variation in their agrometeorology learning with and without making decision, which further affected the feedback mechanism to their knowledge, understanding, and practice.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S58112
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library