Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Annisa Trizky Farindarmawan
"Kepadatan lalu lintas merupakan salah satu faktor lingkungan yang dapat memengaruhi kondisi fisiologis dan perilaku pengemudi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh paparan kepadatan lalu lintas terhadap perilaku dan kelelahan mengemudi dengan menggunakan pendekatan simulasi berkendara dan analisis parameter Heart Rate Variability (HRV). Sebanyak 20 partisipan dilibatkan dalam simulasi berkendara yang terdiri dari empat segmen lalu lintas, yaitu Free Flow 1, Jam Flow 1, Free Flow 2, dan Jam Flow 2. Variabel yang diamati dalam penelitian ini meliputi sembilan parameter HRV (seperti Mean RR, SDNN, RMSSD, dan Stress Index) serta data percepatan pengereman sebagai indikator perilaku mengemudi.Analisis statistik menggunakan uji Friedman menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antar kondisi lalu lintas terhadap parameter HRV maupun perilaku pengereman. Namun secara deskriptif, segmen Free Flow 1 menunjukkan variasi paling mencolok dalam beberapa indikator, yang mengindikasikan kemungkinan respon adaptif awal terhadap berkendara. Temuan ini menunjukkan bahwa dampak paparan kepadatan lalu lintas terhadap kelelahan dan perilaku mengemudi tidak selalu terlihat secara signifikan, namun tetap memiliki implikasi penting bagi pemantauan kondisi pengemudi.

Traffic congestion is an environmental factor that can influence both physiological conditions and driving behavior. This study aims to evaluate the impact of traffic density exposure on driver behavior and fatigue using a driving simulator and analysis of Heart Rate Variability (HRV) parameters. A total of 20 participants took part in the driving simulation, which consisted of four traffic segments: Free Flow 1, Jam Flow 1, Free Flow 2, and Jam Flow 2. The observed variables included nine HRV parameters (such as Mean RR, SDNN, RMSSD, and Stress Index) and braking acceleration data as an indicator of driving behavior. Statistical analysis using the Friedman test showed no significant differences across traffic conditions for both HRV parameters and braking behavior. However, descriptive findings revealed that the Free Flow 1 segment displayed the most noticeable variation in several indicators, suggesting a possible initial adaptive response to driving tasks. These results indicate that the impact of traffic congestion on driver fatigue and behavior may not always be statistically significant, but still holds important implications for driver condition monitoring."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library