Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anissa Fajari
Abstrak :
ABSTRAK
Kota merupakan obyek yang menarik dan berpotensi untuk diangkat wisatanya. Wisata di dalam kota sendiri terdiri dari berbagai macam: wisata kuliner, wisata alam, dan wisata sejarah. Karena wisata sejarah Indonesia sangat menarik untuk diulas dan belum banyak yang peduli dengan sejarah kotanya, maka dibuatlah ?The City?s Story?, program travel journalism yang disiarkan melalui internet dalam bentuk video-blog.

Manfaat dari The City?s Story antara lain memberikan informasi lengkap dan memperkenalkan khalayak pada wisata sejarah yang ada di kotanya dan kota-kota lain di Indonesia. Sedangkan tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan dan menyosialisasikan nilai-nilai sosial, budaya, dan historis kepada khalayak muda serta memajukan wisata sejarah di Indonesia.

The City?s Story merupakan video-blog (vlog) yang berisi kumpulan video travelling journalism tentang wisata sejarah. Target khalayaknya adalah masyarakat di Indonesia dan seluruh dunia, pria dan wanita yang berada pada kelompok usia remaja dan dewasa muda (15-24 tahun), dengan pendidikan SMA dan Perguruan Tinggi dan Status Sosial Ekonomi A dan B. Video The City?s Story merupakan Hosted Video, yaitu video yang menampilkan host. The City?s Story memiliki situs resmi di www.thecitysstory.blogspot.com serta Channel YouTube resmi di www.youtube.com/user/thecitysstory.

Pre-test media: menggunakan kuesioner online guna mendapat masukan bagaimana vlog seharusnya dibuat. Evaluasi: (1) Evaluasi khalayak dengan kuesioner online untuk mengetahui apakah vlog The City?s Story sudah sesuai dengan permintaan khalayak atau belum. (2) Evaluasi dilakukan pada tahap input, output, dan outcome dengan menganalisis kesesuaian antara kebutuhan khalayak (permasalahan) dengan pemenuhan kebutuhan melalui produk/program yang dibuat (solusi), serta tercapainya tujuan program. Alat ukur yang digunakan adalah survei (before & after), observasi, statistik kunjungan (traffic/viewer) vlog The City?s Story melalui Google Analytic, Technorati, serta data kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata sejarah.

Anggaran Investasi Awal : Rp 136.670.000,- Total Pengeluaran Bulanan : Rp 78.500.000,- Total Pengeluaran 1 Tahun : Rp 987.000.000,- Perkiraan Pendapatan Tahun Pertama : Rp 855.657.000,- Tahun Kedua : Rp 1.262.007.000,- BEP dicapai pada tahun kedua.
ABSTRACT
City is an interesting and potential object for tourism. There are many kinds of tour, such as culinary, ecotourism, and historical tour. Because of historical tour in Indonesia is very interesting to be explored and not so many people care about their city?s historical places, there will be The City?s Story, a travel journalism program that broadcasted over the internet in the form of video-blog.

Benefits of The City?s Story video-blog are giving information and introduced the audience to historical tour in their city and another city of Indonesia. While the goal is socializing social values, cultural, historical, knowledge, and other phenomenon of Jakarta to the international audience and to develop historical tour in Indonesia.

The City?s Story is a video-blog contain of travelling journalism video about historical tour. The City?s Story target are people around Indonesia and around the world both men and women, age varied 15-24 years with high school and university degree of education, and A and B Socio-Economic Status. Video in The City?s Story is hosted video, the video with the appearance of host. The City?s Story has the official site in www.thecitysstory.blogspot.com and official YouTube Channel at www.youtube.com/user/thecitysstory.

Media Pre-test: using an online questionnaire to obtain input on how Vlog should be made. Evaluation: (1) Audience evaluation with an online questionnaire to find out whether The City?s Story Vlog is in accordance with the request of audience or not. (2) Evaluation of products (inputs, outputs, outcomes) is done by analyzing congruity between the audience needs (the problem) with fulfillment needs through product/program (solution), and to achieve the program purpose. Measuring equipment using survei (before & after), observation, traffic statistic (traffic/viewer) vlog The City?s Story through Google Analytic, Technocrati, and data of tourist visits to a number of historical tour destination.

Budgets Initial Investments : Rp 136.670.000,- Monthly Expenditures Total : Rp 78.500.000,- Annual Expenditures Total : Rp 987.000.000,- First Year Revenue Estimation : Rp 855.657.000,- Second Year Revenue Estimation : Rp 1.262.007.000,- BEP is assume should be obtained in the second year.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library