Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anggi Afriansyah
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai internalisasi multikulturalisme di Sekolah dengan latar keagamaan yang berbeda. Lokasi penelitian adalah SMAI Al Izhar dengan latar keagamaan Islam dan SMA Kolese Gonzaga dengan latar keagamaan Katolik. Kedua Sekolah berlokasi di Jakarta Selatan. Penelitian ini denga menggunakan metode kualitatif dengan strategi studi kasus. pertama, untuk menjelaskan perbandingan internalisasi multikulturalisme di SMAI Al Izhar dan SMA Kolese Gonzaga yang memiliki latar keagamaan berbeda. Kedua, untuk menjelaskan mengenai praktik multikultural dilihat melalui pola-pola relasi yang terjalin antara aktor-aktor yang terlibat dalam proses internalisasi multikulturalisme di sekolah. Analisis mengenai internalisasi multikulturalisme dan praktik multikulturalisme di sekolah diketahui dari peran masing-masing aktor yang terlibat di sekolah yaitu, Kepala Sekolah (Pimpinan Sekolah), Guru, Karyawan, Peserta Didik dan Orang Tua Peserta Didik. Beberapa temuan yang didapat pada penelitian ini dapat digambarkan dalam beberapa aspek. Pertama, internalisasi multikulturalisme dipengaruhi oleh nilai keagamaan masing-masing sekolah yang mewujud pada visi, misi, dan core values. Kedua, internalisasi multikulturalisme kepada peserta didik dilakukan melalui kegiatan pembelajaran dan program-program yang dirancang sekolah. Ketiga, praktik multikulturalisme dilihat melalui pola-pola relasi yang terjalin antara aktor-aktor yang terlibat dalam proses internalisasi multikulturalisme di sekolah.
ABSTRACT
This study discusses the internalization of multiculturalism in school with different religious background. SMAI Al Izhar with Islamic religious background and SMA Kolese Gonzaga with Catholic religious background. Both of Schools are located in South Jakarta. This study using qualitative methods with case study strategy. The aims of this study are,first, to explain the internalization of multiculturalism in SMAI Al Izhar and SMA Kolese Gonzaga which has a different religious background. Second, to explain the practice of multicultural through the patterns of relationships that exist between the actors involved in the process of internalization of multiculturalism in schools. Analysis of the internalization of multiculturalism and the practice of multiculturalism in school known from the relationship pattern of each actor involved in the school. The actors are Vice Pronciples, Teachers, Students. Employees, and the parents of students. This study can describe in several aspects. First, internalization of multiculturalism influenced by religious values of each school as embodied in the vision, mission, and core values. Second, internalization of multiculturalism through learning activities and programs are designed by school. Third, the practice of multiculturalism through the patterns of relationshipsthat exist between the actors who involved in the process of internalization of multiculturalism in schools.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T38945
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library