Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anawati
Abstrak :
The characteristics of coatings formed by Plasma Electrolytic Oxidation (PEO) are affected by the composition of metal substrates. In this work, the effect of alloying element Ca (0, 1 and 2 wt%) on the degradation behavior and apatite-forming ability of PEO coated AZ61 magnesium alloys was clarified by means of polarization measurements in 0.9% NaCl solution and an in-vitro test in Simulated Body Fluid (SBF), respectively. The AZ61 alloys were subjected to plasma electrolytic oxidation at a constant current of 200 A/m2 at 25°C for 8 min in 0.5 M Na3PO4 solution. The surface investigation suggested no significant effect of Ca content on the morphology of the PEO coating formed on the AZ61 specimens. The coatings exhibited an eruption-like structure decorated with micropores and microcracks. Their average thicknesses were 13.2, 17.4 and 14.3 µm for AZ61, AZ61-1Ca and AZ61-2Ca, respectively. The polarization measurements showed no significant difference in the corrosion potentials (-1.60 VAg/AgCl) and corrosion current densities (1.61×10-5 A cm-2) of all the coated specimens. Similarly, there was no significant effect of Ca on the apatite-forming ability in SBF, as indicated by the lack of apatite deposition on all the coated specimens after 14 days of immersion. Further sealing of the PEO coatings by chemical treatment in NaOH solution is suggested to enhance the corrosion resistance.
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2018
UI-IJTECH 9:3 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nurussafitri Laila Anawati
Abstrak :
Keterampilan sosial sebagai bagian dari perkembangan sosial penting bagi kehidupan sosial anak. Akhir-akhir ini banyak berkembang sekolah yang menerapkan sistem full day dengan lama belajar di sekolah yang lebih lama daripada sekolah konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama belajar di sekolah dengan keterampilan sosial anak usia sekolah di kota Depok. Desain penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan crosssectional digunakan pada penelitian ini. Berdasarkan penghitungan cluster sampling, sebanyak 425 anak usia sekolah, baik itu full day dan non-full day yang berpartisipasi dalam penelitian, diminta untuk mengisi kuesioner tentang keterampilan sosial yang merupakan modifikasi dari beberapa kuesioner yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara lama belajar di sekolah dengan keterampilan sosial anak usia sekolah di kota Depok (p=0,165). Akan tetapi, dari hasil penelitian ini diketahui bahwa 52% anak menunjukkan keterampilan sosial yang kurang. Maka dari itu, penting untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak melalui kegiatan belajar dan aktivitas di sekolah.
Social skill, as part of social development, is important for children social life. Nowadays, there are a lot of schools, called full day school, that develop a system in which their school period is longer than any other conventional school. This study aims to know the relationship of school period with school-age children`s social skill in Depok. A correlational descriptive study and cross sectional method was used as the research design. Based on cluster sampling technique, a total of 425 school-age children of full day and non-full day schools was participated in the study and asked to fulfill a social skill questionnaire. The study yielded no significant relationship between school period and school-age children`s social skill in Depok (p=0,165). This study also showed that 52% of school-age children had less social skill. Therefore, it is important to improve children`s social skill through school activity and learning.
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S56559
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novita Dwi Anawati
Abstrak :
Sivitas akademika dituntut untuk membuat publikasi ilmiah. Tuntutan tersebut berdampak pada penyediaan layanan sumber-sumber informasi di perpustakaan. Kemutakhiran dan kemudahan akses sumber-sumber informasi sangat diperlukan untuk mewujudkan tuntutan tersebut. Kualitas publikasi ilmiah sangat bergantung pada kualitas literatur pendukung. Perpustakaan Universitas Airlangga menyediakan e-resources lebih kurang 50 database dengan sekitar 15 publisher (provider). Namun, tidak semua sivitas akademika memahami cara memanfaatkan platform e-resources tersebut. Oleh karena itu diperlukan pelatihan literasi informasi untuk menunjang publikasi ilmiah. Karya tulis ini memberikan batasan ruang lingkup pada best practice (praktik baik) Perpustakaan Universitas Airlangga dalam menyelenggarakan literasi informasi guna menunjang publikasi ilmiah sivitas akademika. Tujuan karya tulis ini yaitu untuk memberikan deskripsi singkat tentang praktik baik penyelenggaraan literasi informasi di Perpustakaan Universitas Airlangga. Metodologi penelitian yang digunakan dalam karya tulis ini yaitu action research. Hasil luaran dari program Library Class, yaitu peningkatan jumlah publikasi ilmiah Universitas Airlangga yang terindeks Scopus dari 236 dokumen di tahun 2016, 469 dokumen di tahun 2017, dan 848 dokumen di tahun 2018. Kesuksesan di bidang penelitian, publikasi ilmiah, dan nilai akademis yang excellent merupakan bentuk kesejahteraan di lingkup perguruan tinggi.
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2019
020 PUS 26:4 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library