Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Amelia Susanti
Abstrak :
Banjir bandang menimbulkan masalah psikologis dan memerlukan resiliensi yang positif untuk beradaptasi. Resiliensi dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya dukungan psikososial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bentuk dukungan psikososial dengan resiliensi pada korban pasca bencana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 148 responden. Instrumen yang digunakan kuesioner Medical Outcames Study: Social Support Survey (MOS) dan CD-RISC 10. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara umur dan bentuk dukungan psikososial dengan resiliensi (p ˂ 0.05). Variabel yang paling berhubungan dengan resiliensi adalah dukungan penghargaan. Peningkatan kemampuan personal dan dukungan psikososial diperlukan untuk meningkatkan resiliensi.
Flash flood evokes psychosocial problems and need positive resiliences to be adapted. Resilience is being affected by various factors, one of them is psychosocial support. The aim of this research is to find out the correlation of psychosocial support with resilience of post-disaster victims. This is a descriptive correlation research using Cross Sectional approach. Samples consists of 148 respondens. Medical Outcames Study : Social Support Survey (MOS) and CD-RISC-10 questioner was used as the instrument. The result shows that there are significants correlation between ages and psychosocial supports with resiliences (p < 0.05). The most corresponding variables with resiliences is appreciating supports. Improving personal ability and psychosocial support is needed to improve resiliences.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
T46335
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Susanti
Abstrak :
Anak usia sekolah merupakan generasi masa depan bangsa yang perlu diperhatikan tumbuh kembangnya. Perkembangan anak usia sekolah meliputi aspek motorik, kognitif, bahasa, kepribadian, emosi, moral, spiritual, dan psikososial yang dapat distimulasi dengan TKT. Karya ilmiah akhir ini bertujuan menguraikan penerapan terapi kelompok terapeutik terhadap peningkatan pencapaian tugas perkembangan industri anak usia sekolah. Penerapan TKT anak sekolah di komunitas ini menggunakan pendekatan interpersonal Peplau dan perkembangan Erickson. Pemberian TKT meningkatkan kemampuan anak secara motorik, kognitif, bahasa, moral, spiritual, emosi, kepribadian dan psikososial serta kemampuan industri anak usia sekolah. Terapi kelompok terapeutik anak sekolah direkomendasikan untuk dilakukan pada tatanan pelayanan kesehatan di masyarakat sebagai bentuk pelayanan keperawatan kesehatan jiwa pada anak usia sekolah dan keluarga dengan melibatkan kader kesehatan yang ada guna mengoptimalkan perkembangan industri anak sekolah.
School age children are the future generation of the nation. It is important to pay attention to their growth and development. Children?s growth are including motoric, cognitive, language, moral, personality, spiritual, emotional, and psychosocial aspects which can be stimulated using Therapeutic Group Theraphy (TKT). The purpose of this scientific paper was to elaborate the application of TKT in facilitating the achievement of industry developments task of school-age children. TKT was applied to school age children living with their families of selected community area. The Interpersonal theory of Peplau and Erikson were used as an integrated approach. It showed that TKT has increased all aspects of children?s abilities in motoric, cognitive, language, moral, personality, spiritual, emotional, and psychosocial, and also school age children industry abilities. School?s TKT was recommended to be applied in public health service system by integrating the mental health nursing services to school age children and families as well as by involving health cadre to optimize the school age children industry developments sustainability.
Depok: Universitas Indonesia, 2016
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library