Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Agung Prehadi
Abstrak :
[ABSTRAK
Pengelolaan Rantai Pasok atau Supply Chain Management (SCM) mencakup seluruh kegiatan, fungsi dan fasilitas yang terlibat dalam memproduksi dan memberikan produk dan/atau jasa dari pemasok (dan pemasok dari pemasok) kepada pelanggan. Perkembangan baru dalam bidang ini adalah implementasinya dilingkungan kampus atau dikenal dengan nama Campus SCM. Campus SCM merupakan sebuah pengelolaan terintegrasi dari kegiatan SCM yang memiliki fungsi serta tugas pokok unik yang telah ditetapkan sebelumnya oleh pihak Kampus. Saat ini telah banyak kampus ternama di dunia yang menerapkan konsep SCM untuk mendukung kegaiatan baik akademis maupun non akademis. Pada tesis ini, penulis mengusulkan sebuah kerangka pengembangan perancangan proses dalam sebuah siklus sistem, yang diharapkan dapat digunakan dalam mengembangkan salah satu komponen penting dari sistem SCM yaitu Warehouse. Kerangka pengembangan ini merupakan sintesa dari berbagai metode pengembangan sebuah warehouse yang telah ada sebelumnya dan memadukannya dengan konsep rekayasa sistem.
ABSTRACT
Supply Chain Management (SCM) includes all the activities, functions and facilities involved in producing and delivering products and / or services from suppliers (and the suppliers of suppliers) to the customer. A new development in this study is the implementation of SCM in campus environment or known by the name Campus SCM. Campus SCM is an integrated management of SCM activities that have a unique functions and main tasks predefined by the Campus. At the present time, there are several weel-know campuses that apply the concept of SCM to support their both academic and non-academic activities. In this thesis, the authors propose a framework design to design several processes in a life-cycle of a system, which is expected to be used in developing one of the essential components of the SCM system, Warehouse. This development framework is a synthesis of the various methods of developing a pre-existing warehouse design and combines with the concept of systems engineering., Supply Chain Management (SCM) includes all the activities, functions and facilities involved in producing and delivering products and / or services from suppliers (and the suppliers of suppliers) to the customer. A new development in this study is the implementation of SCM in campus environment or known by the name Campus SCM. Campus SCM is an integrated management of SCM activities that have a unique functions and main tasks predefined by the Campus. At the present time, there are several weel-know campuses that apply the concept of SCM to support their both academic and non-academic activities. In this thesis, the authors propose a framework design to design several processes in a life-cycle of a system, which is expected to be used in developing one of the essential components of the SCM system, Warehouse. This development framework is a synthesis of the various methods of developing a pre-existing warehouse design and combines with the concept of systems engineering.]
2015
T44307
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agung Prehadi
Abstrak :
Penulis pada penelitian ini tidak hanya melakukan perancangan sebuah purna rupa Eye Tracker namun juga memberikan sebuah studi kasus yang merupakan implementasi peralatan yang penulis rancang yang diharapkan dapat menjadi cikal bakal penelitian-penelitian pada dengan menggunakan Eye Tracker berikutnya. Eye tracking merupakan metode pengukuran titik tatapan mata atau pergerakan mata terhadap posisi kepala manusia. Sebuah eye tracker adalah peralatan yang digunakan untuk mengukur posisi dan pergerakan mata. Perancangannya pada penelitian ini menggunakan Metode Perancangan Berbasis Pengguna (User Centered Design) yang merupakan salah satu pendekatan dalam melakukan perancangan Human Computer Interaction. Eye Tracker yang dirancang penulis menerapkan teknologi Video Based Eye Tracker yang terdiri dari sebuah komputer, monitor, kamera, dan sumber cahaya infra-merah. Sistem didukung oleh aplikasi komputer atau software yang akan menginterpretasikan data yang diterima. Studi kasus yang penulis lakukan pada penelitian perancangan Eye Tracker ini adalah dengan mengimplementasikan penggunaan Eye Tracker untuk menafsirkan beberapa quality atribute. Metode penafsirannya menggunakan metode Web Usability dimana penulis melalui peralatan Eye Tracker memberikan penafsiran kuantitatif terhadap tingkat Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, dan Satisfaction dari halaman web Departemen Teknik Industri UI www.ie.ui.ac.id. Hasil penelitian ini berupa purna-rupa sebuah Eye Tracker yang memenuhi prinsip dasar pengembangan peralatan laboratorium: multi-fungsi, murah harganya; rendah biaya perawatannya; dan sesuai standar. Dan sebuah studi kasus penggunaan Eye Tracker pada evaluasi desain halaman web dengan menggunakan metode Web Usability. Halaman Website yang digunakan sebagai obyek penelitian adalah halaman website Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia dengan alamat www.ie.ui.ac.id. Halaman tersebut terlebih dahulu di download secara keseluruhan kedalam sebuah server lokal guna menghindari adanya perbedaan waktu akses. ......The author is not only designing an Eye Tracker but also provides a case study which is the implementation of the stake equipments that can be expected become a research embryo on using the Eye Tracker. Eye tracking is a method of measuring eye saccade to eye gaze of the human head position. An eye tracker is the equipment used to measure the position and movement of the eye. The design of an Eye Tracker on this research is using User Centered Design Method, which is one of the approaches applying to the design of the Human Computer Interaction. Eye Tracker is designed by applying Video Eye Tracker technology, which consists of a computer, monitor, camera, and infrared system. The system is supported by computer software that interprets the data will be received. The case study that the author did research on The Eye Tracker is by implementing the use of the Eye Tracker for interpret some quality attribute. The method of interpreting is using Web Usability method and through the Eye Tracker equipment provides quantitative interpretation of the level of learnability, efficiency, memorability, errors, and satisfaction from the web page of Department of Industrial Engineering UI: www.ie.ui.ac.id. Results of this research is a prototype of an Eye Tracker that meets the basic principles of the development of laboratory equipment: a multi-function, low price; low-cost maintenance and appropriate standards and also a case study on the use of the Eye Tracker to evaluate a design web page using Web Usability method. The web page that is used as an object of research is a web page of Department of Industrial Engineering, University of Indonesia with an address www.ie.ui.ac.id. The pages are downloaded into a local server in order to avoid differences in access time.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S51975
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library