Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abi Satrio Pramono
Abstrak :
Pandemi COVID-19 menyebabkan pembatasan berkegiatan salah satunya berdampak pada sektor retail, yang dipercaya meningkatkan pertumbuhan layanan Online Grocery Shopping (OGS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris pengaruh apa yang berkontribusi paling besar diantara rasa takut terhadap COVID-19, subjective norms, dan rasa senang terhadap intensi konsumen untuk menggunakan OGS di Indonesia, dengan menggunakan Technology Acceptance Model sebagai kerangka utama. Hingga saat ini masih belum jelas variabel apakah yang paling berkontribusi terhadap pertumbuhan OGS di masa pandemi COVID-19 di Indonesia, sedangkan penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa baik rasa senang dan subjective norms memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap intensi seseorang untuk menggunakan OGS. Penelitian ini akan memperkaya penelitian terkait dengan OGS dengan memasukkan variabel rasa takut terhadap COVID-19. Rasa takut terhadap COVID-19 telah diketahui memiliki pengaruh terhadap penerimaan teknologi Google Meet dan telemedicine namun belum pada layanan OGS. 297 respon yang valid didapatkan dengan menggunakan kuesioner daring yang instrumennya didapatkan dari literatur TAM sebelumnya. Model pengukuran dan struktural dievaluasi dengan menggunakan metode PLS-SEM dengan software smartPLS. Hasil menunjukkan seluruh hipotesis pada variabel TAM diterima pada konteks OGS di Indonesia. Perceived usefulness dan subjective norms juga memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap intensi menggunakan OGS, namun tidak pada variabel rasa takut terhadap COVID-19. Hal ini dapat dikarenakan sudah rendahnya kasus COVID-19 dan tingginya vaksinasi saat ini. Hasil ini dirangkum dan implikasi manajerial untuk penyedia layanan OGS diberikan yang mana rasa senang perlu diperkiat untuk aplikasi OGS. ......This paper aims to empirically analyze which factors contribute the most between fear of COVID-19, subjective norms, and enjoyment towards consumers’ behavioral intention to use online grocery shopping (OGS) in Indonesia, using the Technology Acceptance Model as the framework. COVID-19 pandemic causes restrictions on several activities impacting retail sector, which is believed to increase the growth of OGS services. It is unclear which factors contribute the most towards the growth, while past research showed that both enjoyment and subjective norms have significant and positive towards the behavioral intention to use OGS. This research will enrich the study of OGS by introducing the fear of COVID-19 variable. Fear of COVID-19 was known to have influence towards GoogleMeet and telemedicine acceptance but none on OGS services. 297 valid responses were collected using online questionnaire with instruments based on existing TAM literature. Structural and measurement models are evaluated using the PLS-SEM method with smartPLS software. The findings show that all the hypotheses related to TAM variables were accepted. Perceived usefulness and subjective norms also have a significant positive relationship towards the behavioral intention, whereas perceived fear of COVID-19 did not. This might be due to the already low number of COVID-19 cases and high vaccination rates. These findings are summarized, and managerial implications for online OGS providers are discussed in which enjoyment need to be enhance for OGS applications
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abi Satrio Pramono
Abstrak :
Dalam penelitian ini dilakukan pembuatan sabun cair dengan bahan baku minyak kelapa terozonasi. Ozonasi dilakukan dengan variasi laju alir ozon dan lama ozonasi yang berbeda. Sabun cair yang diproduksi diharapkan untuk memiliki bahan antiseptik senyawa ozonida yang dianggap mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Kualitas minyak kelapa terozonasi ditentukan dengan sejumlah analisis seperti bilangan asam, bilangan peroksida, bilangan iod, bilangan penyabunan, FTIR, dan uji daya hambat bakteri. Kondisi ozonasi yang optimum yaitu dengan menggunakan ozonator dengan produktivitas 300 mg O3/jam dan dalam 72 jam ozonasi menghasilkan kenaikan bilangan asam sebesar 5150%, kenaikan bilangan peroksida sebesar 3881,6, penurunan bilangan iod sebesar 96,37%, dan kenaikan bilangan penyabunan sebesar 7,42%. Hasil uji daya hambat bakteri menunjukkan bahwa tidak ada zona hambat yang terbentuk untuk setiap sampel pada bakteri E. coli dan S. aureus, namun zona hambat terbentuk pada sampel minyak kelapa terozonasi 72 jam untuk P. acne. Sabun cair hasil produksi berbahan dasar minyak kelapa terozonasi 72 jam dan KOH memiliki pH sebesar 10, bobot jenis sebesar 1,06 g/mL, hasil busa sebesar 5,5 cm pada air suling dan 2,8 cm pada air sadah, dapat diterima oleh 25 panelis setelah dilakukan uji organoleptik. Biaya kapital untuk UKM sabun ini sebesar Rp. 8.720.000 dan biaya operasional sebesar Rp. 16.756.380. ...... This research focuses on liquid soap production using ozonized coconut oil as its raw materials. Ozonization is done with variation of ozone dosage and period of ozonation. The produced liquid soap is expected to have ozonide antiseptic that is able to inhibit bacterial growth. Ozonized coconut oil quality can be done by some analysis such as acidity value, peroxide value, iodine value , saponification value, FTIR, and bacteria inhibitory test. The optimum ozonation condition is reached when using ozonator that have 300 mg O3/hour productivity and in 72 hour ozonation time that obtain an increase on acidity value by 5150%, peroxide value by 3881,6 and saponification value by 7,42 while a decrease on iodine value by 96,37%. The result in bacteria inhibitory test show that there are not inhibition zone formed in every sample on E. coli and S. aureus bacteria, but inhibition zone formed in P. acne by using 72 hours ozonized coconut oil. The liquid soap is produced from 72 hours ozonized coconut oil and KOH has pH number of 10, density of 1,06 g/mL, foam height by 5,5 cm with distillated water and 2,8 cm with hard water, the soap can be accepted by 25 panels after organoleptic test was conducted. The capital cost for the liquid soap industri is Rp. 8.720.000 and the operational cost is Rp. 16.756.380
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64621
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library