Ditemukan 153566 dokumen yang sesuai dengan query
Absharina Izzaty, author
Being a teacher in SLB facing major challenges in teaching and learning. Mindfulness on teacher help make closer in interpersonal relationship of teacher and student. Good interpersonal relationships can help the process of school adjustmen students with special needs. Therefore this research was conducted to get an idea of ??the...
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S66171
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Absharina Izzaty, author
Guru di Sekolah Luar Biasa SLB menghadapi tantangan yang besar dalam proses belajar mengajar. Mindfulness pada seorang guru dapat membantu dalam menjalin hubungan interpersonal pada guru dan murid. Hubungan interpersonal yang baik dapat membantu proses school adjustment pada siswa berkebutuhan khusus di sekolah. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk...
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S-Pdf
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Andini Hasby, author
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan mindfulness dan perceived school adjustment guru terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. Terdapat dua alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini. Variabel mindfulness diukur menggunakan Mindfulness Attention Awarenes Scale (MAAS; Brown & Ryan, 2003) yang diisi oleh 70 guru. School adjustment dari siswa...
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S63446
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Baiq Nurul Fitriani, author
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mindfulness guru dan mastery motivation pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB). Mindfulness guru diukur dengan Mindful Attention Awareness Scale (Brown dan Ryan, 2003) yang diisi oleh 69 orang guru. Mastery Motivation siswa diukur dengan Dimensions of Mastery Questionnaire 18 (Morgan, 2015)...
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S66474
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Riska Junita, author
Penelitian ini akan melihat pentingnya peer acceptance siswa normal terhadap siswa berkebutuhan khusus dan school adjustment yang dilihat dari penilaian guru di sekolah yang menerapkan pendidikan inklusif. Peer acceptance menjelaskan mengenai sejauh mana seorang anak atau remaja secara sosial diterima oleh kelompok teman sebaya (Berk, 2007).
Dalam penelitian ini, peer acceptance...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S52991
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
[Adanya perubahan sistem pendidikan menjadi inklusif, menuntut guru untuk
mengajar siswa dengan berbagai kebutuhan. Perubahan tersebut memungkinkan
munculnya burnout karena kelebihan beban kerja, perubahan tugas guru, dan sarana dan
prasarana tidak mendukung. Bila kondisi ini dibiarkan maka akan mengganggu proses
school adjustment khususnya anak berkebutuhan khusus yang berada di kelas 1 dan
kelas 2 karena...
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S47015
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Ujian Nasional sebagai salah satu syarat kelulusan sekolah menimbulkan
kecemasan dan perasaan stres bagi sebagian besar siswa kelas 3 SMA. Penelitian
ini menggunakan desain deskriptif sederhana yang bertujuan untuk mengetahui
gambaran mekanisme koping pada siswa kelas 3 SMA menjelang Ujian Nasional.
Sampel pada penelitian ini berjumlah 194 siswa kelas 3 SMA di SMAN 1
Purwakarta...
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43720
UI - Skripsi (Open) Universitas Indonesia Library
Pendidikan profesi merupakan proses yang harus dilalui mahasiswa keperawatan
untuk menjadi seorang perawat profesional. Selama menjalani masa ini
mahasiswa dapat mengalami berbagai kesulitan yang dapat memicu munculnya
stres. Respon terhadap stres dikenal dengan mekanisme koping. Setiap individu
memiliki mekanisme koping yang bervariasi tergantung pada tingkat stres dan
kondisi yang dialami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui...
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43722
UI - Skripsi (Open) Universitas Indonesia Library
Ardan Aziz Rahman, author
ABSTRAK
Mahasiswa tahun pertama rentan mengalami masalah adaptasi akibat lingkungan kuliah yang berbeda dengan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan penyesuaian diri mahasiswa baru college adjustment antar tipe identity processing style. Partisipan pada penelitian ini adalah 544 mahasiswa angkatan 2017 Universitas Indonesia. College adjustment diukur menggunakan Student Adaptation...
2018
S-Pdf
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Isqi Karimah, author
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara mindfulness guru dan mastery motivation, baik mastery motivation secara umum maupun mastery motivation per dimensi, pada siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif. Mastery motivation siswa diukur berdasarkan penilaian guru terhadap siswa. Pengukuran mindfulness guru menggunakan alat ukur Mindfull Attention Awareness Scale yang...
2016
S63513
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library