Ditemukan 148125 dokumen yang sesuai dengan query
Andini Hasby, author
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan mindfulness dan perceived school adjustment guru terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. Terdapat dua alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini. Variabel mindfulness diukur menggunakan Mindfulness Attention Awarenes Scale (MAAS; Brown & Ryan, 2003) yang diisi oleh 70 guru. School adjustment dari siswa...
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S63446
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Isqi Karimah, author
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara mindfulness guru dan mastery motivation, baik mastery motivation secara umum maupun mastery motivation per dimensi, pada siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif. Mastery motivation siswa diukur berdasarkan penilaian guru terhadap siswa. Pengukuran mindfulness guru menggunakan alat ukur Mindfull Attention Awareness Scale yang...
2016
S63513
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Absharina Izzaty, author
Being a teacher in SLB facing major challenges in teaching and learning. Mindfulness on teacher help make closer in interpersonal relationship of teacher and student. Good interpersonal relationships can help the process of school adjustmen students with special needs. Therefore this research was conducted to get an idea of ??the...
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S66171
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Absharina Izzaty, author
Guru di Sekolah Luar Biasa SLB menghadapi tantangan yang besar dalam proses belajar mengajar. Mindfulness pada seorang guru dapat membantu dalam menjalin hubungan interpersonal pada guru dan murid. Hubungan interpersonal yang baik dapat membantu proses school adjustment pada siswa berkebutuhan khusus di sekolah. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk...
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S-Pdf
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Noorfazly Oktaviani, author
Pendidikan inklusi memberikan kesempatan kepada siswa berkebutuhan khusus untuk menerima kualitas pendidikan yang sama dengan siswa reguler pada umumnya. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap guru dan peer acceptance siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Inklusif Swasta....
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S65266
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
[Adanya perubahan sistem pendidikan menjadi inklusif, menuntut guru untuk
mengajar siswa dengan berbagai kebutuhan. Perubahan tersebut memungkinkan
munculnya burnout karena kelebihan beban kerja, perubahan tugas guru, dan sarana dan
prasarana tidak mendukung. Bila kondisi ini dibiarkan maka akan mengganggu proses
school adjustment khususnya anak berkebutuhan khusus yang berada di kelas 1 dan
kelas 2 karena...
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S47015
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Riska Junita, author
Penelitian ini akan melihat pentingnya peer acceptance siswa normal terhadap siswa berkebutuhan khusus dan school adjustment yang dilihat dari penilaian guru di sekolah yang menerapkan pendidikan inklusif. Peer acceptance menjelaskan mengenai sejauh mana seorang anak atau remaja secara sosial diterima oleh kelompok teman sebaya (Berk, 2007).
Dalam penelitian ini, peer acceptance...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S52991
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Baiq Nurul Fitriani, author
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mindfulness guru dan mastery motivation pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB). Mindfulness guru diukur dengan Mindful Attention Awareness Scale (Brown dan Ryan, 2003) yang diisi oleh 69 orang guru. Mastery Motivation siswa diukur dengan Dimensions of Mastery Questionnaire 18 (Morgan, 2015)...
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S66474
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Riri Marjani Qalbi, author
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara sikap guru terhadap pendidikan inklusif dengan peer acceptance siswa reguler terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif negeri. Sikap guru pada konteks pendidikan inklusif didefinisikan sebagai kecenderungan dalam memberikan respon terhadap anak berkebutuhan khusus baik secara kognitif, afektif, dan perilaku (Mahat, 2008)....
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S63675
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
[Masuknya anak berkebutuhan khusus ke dalam sekolah inklusif membuat anak tersebut menghadapi berbagai tantangan, seperti tantangan dalam hal bahasa, atensi dan aktivitas, kemampuan kognitif, serta relasi sosial dan emosional dengan orang lain di dalam kelasnya. Hal ini menuntut anak untuk dapat melakukan penyesuaian di
dalam sekolah (school adjustment) dengan berbagai tantangan...
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S46879
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library