Ditemukan 266 dokumen yang sesuai dengan query
Laskey, Marcia L.
Boston: Allyn and Bacon, 1997
378.17 LAS c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Julia Suleeman
"Kemampuan berpikir pada manusia merupakan ciri khas yang membedakannya dari mahluk hidup lainnya. Kemampuan ini dilatih secara formal melalui pendidikan di sekolah. Dengan demikian., kurikulum pengajaran harusnya memperhitungkan pengasahan kemampuan berpikir ini dalam proses belajar-mengajar setiap bidang studi. Artinya, proses belajar-mengajar yang dilakukan hendaknya mamberikan kesempatan pada siswa untuk melatih dan meningkatkan kualitas berpikirnya. Namun kondisi pendidikan di Indonesia ternyata tidaklah terlalu mendukung terasahnya kemampuan berpikir ini. Contohnya, proses belajar-mengajar lebih banyak diarahkan olhb guru dengan Cara komunikasi satu arah di samping menekankan pada convergent thinking. Selain itu siswa juga umumnya takut bertanya di dalam kelas, padahal bertanya adalah cara yang paling sederhana untuk mewujudk.an keingintahuan.
Menyadari ini semua maka dicobakan suatu pendekatan untuk mengatasi masalah kurang dimanfaatkannya pertanyaan sebagai wuju.d proses berpikir. Dalam penelitian ini sejumlah guru dilibatkan dalam proses perubahan yang menargetkan perubahan sikap terhadap pertanyaan dan perilaku dalam bertanya. perubahan yang dilakukan berbentuk pembekalan secara bertahap mengenai manfaat pertanyaan dan bagaimana menciptakan kondisi kondusif untuk memanfaatkan pertanyaan semaksimal mungkin. Prinsip pemberdayaan (empowerment) yang pada intinya melibatkan guru dalam pengambilan keputusan mendasari perubahan yang direncanakan.
Hasil menunjukkan bahwa sebelum perubahan dilakukan subjek sudah memiliki sikap-positif terhadap siswa dan pertanyaan. Perubahan yang dilakukan bertahap juga berhasil mengubah perilaku konkrit dalam proses belajar-mengajar, yaitu dalam menyusun soal-soal ulangan harian. Namun sebelum perubahan ini diberlakukan juga untuk kelompok lainnya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Misalnya menggunakan pengukuran langsung mengenai kualitas berpikir siswa setelah selesai pemberian perlakuan dibandingkan dengan sebelum perlakuan."
Depok: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 1996
LP 1996 16
UI - Laporan Penelitian Universitas Indonesia Library
"There are many people who think that critical thinking is something difficult to do and is inteded to those who study at college or those who study philosophy and for those who possesess high IQ (genius)...."
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Sawyer, R. Keith
Oxford: Oxford University Press, 2006
153.35 SAW e
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Kahneman, Daniel
"Summary:
In the international bestseller, Thinking, Fast and Slow, Daniel Kahneman, the renowned psychologist and winner of the Nobel Prize in Economics, takes us on a groundbreaking tour of the mind and explains the two systems that drive the way we think. System 1 is fast, intuitive, and emotional; System 2 is slower, more deliberative, and more logical. The impact of overconfidence on corporate strategies, the difficulties of predicting what will make us happy in the future, the profound effect of cognitive biases on everything from playing the stock market to planning our next vacation-each of these can be understood only by knowing how the two systems shape our judgments and decisions. Engaging the reader in a lively conversation about how we think, Kahneman reveals where we can and cannot trust our intuitions and how we can tap into the benefits of slow thinking. He offers practical and enlightening insights into how choices are made in both our business and our personal lives-and how we can use different techniques to guard against the mental glitches that often get us into troubl"
London: Penguin Books, 2011
153.42 KAH t
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Dow, Gwyneth M.
New South Wales: Pergamon Press, 1971
428 DOW u
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Alfaro-LeFevre, Rosalinda
St. Louis : Elsevier Saunders , 2004
610.73 ALF c;610.73 ALF c (2);610.73 ALF c (2)
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1992
S2624
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ambrose, Gavin
"Summary
"How do you start a design project? How can you generate ideas and concepts in response to a design brief? How do other designers do it? This book will answer all these questions and more. Now in its second edition, the highly popular Design Thinking for Visual Communication identifies methods and thought processes used by designers in order to start the process that eventually leads to a finished piece of work. Step-by-step guidance for each part of the process is highlighted by real-life case studies, enabling the student to see teaching in practice. This focus on ideas and methods eschews an abstract, academic approach in favour of a useable approach to design as a problem-solving activity.The new edition now includes contributions from a broader international range of design practices and adds depth to existing case studies by looking in greater detail at some of the processes used"-- Provided by publisher.
"An introductory guide to generating creative ideas and concepts for graphic designers"-- Provided by publisher."
New York: Bloomsbury Academic, 2015
741.6 AMB d
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Wilkins, David, 1971-
New York: Mc-Graw-Hill, 2013
658.409 2 WIL l
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library